Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, memastikan penghitungan suara hasil Pemilu Serentak 2024 di masing-masing tempat pemungutan suara(TPS) rampung pada hari ini atau sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto menjelaskan bahwa pemungutan suara pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan anggota legislatif (DPR RI, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota) pada Rabu (14/2) kemarin berlangsung sejak pagi pukul 07:00 WIB.

"Kemarin saat pemungutan suara dimulai pagi, dan rata-rata masing-masing TPS mulai melakukan penghitungan pukul 14:00 WIB," katanya di Situbondo, Jawa Timur.

Marwoto juga menyampaikan proses penghitungan perolehan suara calon presiden dan wakil presiden maupun calon anggota legislatif membutuhkan waktu cukup lama, karena petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara atau KPPS harus menghitung manual dan disalin ke C1 plano.

Baca juga: Akibat kelelahan, anggota KPPS di Situbondo jalani perawatan di rumah sakit

Penghitungan perolehan suara di 2.015 TPS yang tersebar di 132 desa dan 4 kelurahan itu, lanjut dia, juga terdapat kendala perselisihan antara KPPS, pengawas TPS dan saksi.

"Kendala perselisihan penghitungan suara terjadi di beberapa TPS, sehingga ada beberapa TPS menghitung ulang. Alhamdulillah siang hari ini sudah rampung," katanya.

Kendala lainnya, kata Marwoto, petugas KPPS kesulitan mengunggah foto C1 plano ke aplikasi Sirekap (sistem informasi rekapitulasi elektronik) KPU Kabupaten Situbondo, karena terjadi gangguan.

"Untuk aplikasi Sirekap mengalami gangguan, tidak hanya di Situbondo, tapi seluruh Indonesia atau nasional. Sehingga operator kami melakukan rekapitulasi secara manual," kata Maron.

Ia menambahkan, karena aplikasi Sirekap mengalami gangguan dan operator meng-input C1 plano ke aplikasi tersebut secara manual hingga siang ini baru sekitar 25 persen.

Dari pantauan, penghitungan suara hasil Pemilu 2024 di Situbondo berlangsung sejak Rabu (14/2) siang kemarin, dan rata-rata petugas KPPS bekerja hinggga pagi hari ini.

Data KPU Situbondo menyebutkan sebanyak 2.015 tempat pemungutan suara (TPS) tersebar di 136 desa/kelurahan di 17 kecamatan, sedangkan jumlah DPT sebanyak 514.814 yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 248.852 jiwa dan pemilih perempuan 265.962 jiwa.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024