Penjabat Wali Kota Kediri Zanariah bersepeda untuk meninjau proses Pemilu 2024 di wilayahnya dan sempat mengapresiasi beberapa tempat pemungutan suara (TPS) unik di wilayahnya.

"Setiap orang pasti punya pilihan masing-masing. Walaupun berbeda pilihan yang paling penting antarsesama tetap selalu damai. Karena siapapun orang yang terpilih nanti, mereka adalah orang-orang yang hebat," katanya saat bersepeda meninjau beberapa TPS di Kediri, Rabu malam.

Ia mengaku telah memberikan hak suaranya di TPS 01 Kelurahan Pocanan, Kota Kediri. "Walaupun ber-KTP Depok dan karena tugas di sini, saya tetap bisa memilih di Kota Kediri, namun hanya calon Presiden dan Wakil Presiden saja yang bisa saya pilih," ujar dia.

Dirinya juga sempat meninjau proses Pemilu 2024 dengan naik sepeda. Ia menilai, warga sangat bersemangat menggunakan hak pilihnya yang terbukti sejak awal dibuka pendaftaran sudah ramai warga yang antre.

Selain itu, ia juga mengapresiasi sejumlah TPS yang mempunyai konsep unik. Seperti di TPS 21 Kelurahan Ngadirejo, Kota Kediri yang menyediakan makanan gratis untuk pemilih. Kemudian TPS 005 Kelurahan Banjaran yang mendekorasi pintu masuknya dengan bunga plastik.

Ada juga TPS 06 Kelurahan Singonegaran yang mendekorasi TPS-nya dengan lampu-lampu dan bunga serta menyediakan photo both 360. Terakhir TPS 29 Kelurahan Mojoroto yang berada di Sanggar Tari Guntur dan seluruh petugasnya menggunakan pakaian adat Indonesia.

Baca juga: Pjs Wali Kota Kediri Anjurkan Pertanian Berinovasi (Video)

Zanariah juga takjub saat datang ke beberapa TPS tersebut dan mengungkapkan kesannya.

"Sangat keren TPS didekorasi dengan apik dan rapi ditambah lagi ada TPS yang juga menyediakan photo both 360. Lalu ada juga yang menyediakan sarapan gratis sehingga dapat menarik warga untuk segera datang ke TPS menggunakan hak pilihnya. Terima kasih atas kontribusi warga yang telah bersedia rumahnya digunakan untuk TPS serta menyiapkan dan menyediakan hal unik untuk para pemilih," ujar dia.

Selain itu, ada tiga TPS lagi yang dikunjungi yakni TPS 19 Kelurahan Balowerti lokasi SDN Balowerti 1, TPS 019 Rusunawa Kelurahan Dandangan, dan TPS 22 Kelurahan Ngadirejo.

Jumlah daftar pemilih tetap (dpt) untuk Pemilu 2024 di Kota Kediri sebanyak 233.962 pemilih yang tersebar di tiga kecamatan wilayah kota. Aspirasi politik mereka disalurkan di 856 tps baik reguler dan khusus.

KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024