Kepolisian Resor(Polres) Magetan, Jawa Timur, mengerahkan sebanyak 509 personel guna pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Polres Magetan berkomitmen  menjaga keamanan TPS pada Pemilu 2024. Ada sebanyak 509 personel yang kami siapkan," kata Kapolres Magetan AKBP Satria Permana usai apel pengecekan kelengkapan pasukan pengamanan TPS di Mapolres Magetan, Senin.

Menurut dia, dari 509 personel tersebut, sebanyak 308 personel melakukan pengamanan langsung di TPS di seluruh Magetan, sisanya berupa satgas serta  perwira pengendali.

Dalam apel tersebut, dilakukan pemeriksaan kelengkapan perorangan personel secara detail, termasuk ransel berisi pakaian PDL cadangan, peralatan alat tulis, jas hujan, rompi, peralatan mandi, tongkat baton, senter, dan kelengkapan pengamanan pemilu lainnya.

Tak hanya kelengkapan perorangan, melalui Bagian Ops Polres Magetan juga memberikan perlengkapan tambahan berupa ban lengan atau bet pengamanan TPS dan buku saku panduan pengamanan TPS kepada masing-masing personel.

"Hal ini diharapkan dapat membantu personel dalam menjalankan tugasnya dengan lebih optimal," kata Satria.

Selain kelengkapan, kesehatan personel juga menjadi prioritas utama. Setelah apel, seluruh personel diwajibkan untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan oleh Urkes Polres Magetan dan Rumkit Bhayangkara Nganjuk. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan personel prima dan siap bertugas di TPS.

Kapolres Magetan AKBP Satria Permana menegaskan komitmennya untuk menjaga keamanan dan kelancaran proses pemungutan suara di Magetan.

"Kegiatan pengecekan perlengkapan dan kesehatan ini merupakan bentuk komitmen kami dalam memastikan keamanan dan kelancaran pemungutan suara di Magetan. Kami ingin memastikan bahwa seluruh personel yang bertugas di TPS memiliki perlengkapan yang memadai dan kondisi kesehatan yang prima," katanya.

Kapolres menambahkan bahwa setelah pemeriksaan kesehatan, personel akan segera digeser ke pos TPS masing-masing.

"Personel yang telah siap akan segera digeser ke pos TPS untuk mengamankan jalannya pemungutan suara. Kami berharap dengan kesiapan personel dan kelengkapan yang memadai, proses pemungutan suara di Magetan dapat berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif," katanya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024