Petra Christian University (PCU) meluncurkan Petra Business School (PBS) guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan entrepreneur dan profesional andal yang berwawasan global, dan memiliki integritas tinggi serta memahami konteks lokal. 

Rektor PCU, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., di sela-sela peluncuran di kampus setempat, Rabu, mengatakan PBS akan mulai beroperasi secara penuh pada Agustus 2024 di "Fairway Nine Mall" Surabaya Barat.

"Era perdagangan pasar bebas ini jadi sebuah tantangan bagi pendidikan Indonesia. Tapi menurut saya, itu justru bisa jadi peluang bagi kampus, untuk mengambil peran sebagai motor atau penggerak dalam memberikan akses pendidikan berkualitas seluas-luasnya kepada masyarakat," katanya.

Menurut dia, salah satu tantangan terjadi adalah makin banyak generasi muda siswa memilih berkuliah di luar negeri karena dianggap bisa membuat pola pikir yang global. 

"Maka dari itu PCU menginisiasi PBS ini sebagai jawaban di tengah tantangan tersebut tidak hanya untuk anak muda kita, tetapi juga untuk menarik mahasiswa asing belajar di Surabaya," kata rektor.

Beberapa program yang dapat dipelajari dengan konsep pendidikan global sesuai kebutuhan pasar, di antaranya adalah International Pathway program, Master’s Program in Management, dan Doctoral Program in Leadership and Management.

Dalam program International Pathway, mahasiswa belajar di Indonesia selama dua tahun pertama. Selama itulah dipersiapkan secara matang, sebelum dua tahun berikutnya melakukan studi di negara pilihannya masing-masing. 

"Jadi PBS adalah alternatif yang sangat baik untuk rekan-rekan muda, meningkatkan skill dan kapasitas global, tetapi tetap memahami konteks lokal dan regional, yang nantinya sangat diperlukan dalam karirnya," tuturnya.

Djwantoro menambahkan persiapan untuk kuliah di luar negeri itu juga sangatlah penting. Ada banyak hal yang mungkin akan dihadapi, seperti culture shock, ancaman pergaulan bebas, kesiapan bahasa, pengetahuan, serta kematangan dan kepercayaan diri. 

Oleh karena itu, PBS memberikan bekal agar nantinya bisa beradaptasi dengan lebih mudah, seperti memberi pelatihan soft skill atau keahlian tertentu yang dibutuhkan di negara asing tersebut.

"Sesuai visi PCU sebagai institusi pendidikan Kristen peduli dan global, maka kami bertanggung jawab untuk membina para mahasiswa agar dapat transfer secara mulus ke universitas terkemuka di dunia dengan karakter LIGHT (Love, Integrity, Growth, Humility, Truth)," tambah Djwantoro.

Dalam PBS, para mahasiswa bisa memilih beberapa kampus yang ada di benua Asia, Australia, Kanada, Amerika hingga Inggris. 

Sehingga kurikulum di PBS pun didesain khusus memenuhi kebutuhan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang studi yang diinginkan sesuai universitas di luar negeri yang menjadi tujuan dan berkarya.

"Tidak hanya di ranah global di luar negeri, tetapi juga berkarya dari tanah air Indonesia," ucapnya.

Dengan begitu selain meraih gelar, mahasiswa yang memilih PBS juga akan menjadikan individu siap beradaptasi dengan kualitas tinggi di tingkat global sangat dinamis. 

Tak hanya itu saja, PBS juga disiapkan memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa asing yang akan belajar di Indonesia.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024