Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) dan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) setempat mengadakan "Gowes Lumajang Eksotis (Go Lek) 2" yang melintasi kawasan wisata untuk lebih memperkenalkan sport tourism.

Ketua KORMI Jawa Timur Hudiyono dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Rabu, mengatakan kegiatan Go Lek 2 menjadi program olahraga masyarakat yang mudah, murah dan berdampak positif untuk kesehatan dan kebugaran masyarakat.

"Kami sangat mengapresiasi Go Lek 2 yang diprakarsai oleh Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni yang juga kawan baik saya semasa tugas di Pemprov Jawa Timur. Pemahaman akan pentingnya sport tourism ini memberikan dampak yang luar biasa untuk bidang keolahragaan, namun juga memberikan nilai tambah untuk sektor ekonomi," ujarnya.

Hudiyono menjelaskan, pelaksanaan Go Lek 2 yang dilaksanakan hari Rabu, 10 Januari 2023, melintasi jarak 26,4 KM dengan ketinggian jalur 275 meter di atas permukaan laut.

Mantan Kadisbudpar Jawa Timur tersebut menambahkan rute Go Lek 2 dimulai dari Stadion Semeru, melewati beberapa tempat wisata alam seperti Sumber Mrutu Pandansari, Wisata Terasiring, Sumber Nah Kali Semut dan Wisata Rowo Kancu Padang hingga berakhir di Stadion Semeru kembali.

Baca juga: Pemkab Lumajang resmikan angkutan Feeder untuk permudah penumpang KA

"Rute tersebut dapat dilintasi dengan bersepeda sekitar 68 menit dengan kecepatan 23 kilometer per jam," katanya.

Mantan Kadisbudpar Jawa Timur tersebut juga menilai, beberapa titik obyek wisata juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta.

"Sambil gowes, peserta bisa menikmati keindahan alam di Lumajang. Pemandangan sawah dan jalan pedesaan yang dilintasi juga cukup menarik dan menantang," kata Cak Hud, sapaan akrabnya. 

Untuk peserta, kata Cak Hud, tidak hanya dari Lumajang, namun dari seluruh Jawa Timur bahkan provinsi lain juga bergabung.

"Go Lek 2 ini sudah disosialisasikan kepada seluruh KORMI di Jawa Timur. Untuk pendaftaran, peserta hanya membayar biaya sebesar Rp50 ribu. Bisa menghubungi Sekretaris KORMI Lumajang, Mas Galih di nomor 081332727090," tuturnya. 

Dari pendaftaran itu, lanjutnya, setiap peserta berhak mendapatkan air mineral, makanan ringan, dan kupon yang akan diundi untuk berkesempatan meraih hadiah menarik berupa empat sepeda motor, lima sepeda gunung, dua TV LED, empat mesin cuci, empat kulkas dan banyak hadiah menarik lainnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024