Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, memfasilitasi sertifikasi halal gratis bagi ratusan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam upaya meningkatkan penjualan produk mereka.

Bupati Situbondo Karna Suswandi menjelaskan sertifikasi halal ini dapat memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa produk yang dihasilkan itu benar-benar halal sehingga masyarakat menjadi yakin terhadap produk UMKM.

"Sehingga dengan memiliki sertifikasi halal, masyarakat atau pembeli tidak ragu untuk membeli karena sudah bersertifikat halal," kata Bung Karna, sapaan Bupati Situbondo Karna Suswandi usai menyerahkan sertifikasi halal kepada pelaku UMKM di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis.

Untuk proses pengurusan sertifikasi halal produk UMKM baik minuman dan makanan, katanya, pelaku UMKM cukup datang ke Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan setempat.

Baca juga: Pemkab Situbondo dan Bulog salurkan bantuan pangan kepada 76.923 KPM

"Proses mendapatkan sertifikasi halal produk olahan makanan dan minuman tidak rumit, dan diperoleh dengan gratis karena ini untuk kepentingan masyarakat dalam meningkatkan penjualan produknya," kata Bung Karna.

Selain menyerahkan ratusan sertifikasi halal, Pemkab Situbondo melalui Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian juga menyerahkan sertifikat hak tanah, serta bantuan hibah kepada kelompok usaha kecil.

"Bantuan hibah yang kami berikan di antaranya, mesin jahit, alat perbengkelan, peralatan las, mesin produksi kopi, dan peralatan barista kopi," ujar Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Situbondo Edy Wiyono.

Edy menyebutkan, ada sekitar 200 sertifikasi halal yang diserahkan kepada pedagang olahan makanan dan minuman. Ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat pedagang di Situbondo.

"Ada 200 sertifikasi halal yang kami serahkan kepada pedagang olahan makanan dan minuman," ujar Edy Wiyono.

Selain sertifikat halal, ada juga 30 sertifikat hak tanah milik para pelaku UMKM yang dibagikan secara gratis. Sebelumnya, pemkab juga telah memberikan 100 sertifikat hak tanah kepada para pelaku UMKM.

"Total sertifikat tanah milik para pelaku UMKM yang kami berikan secara gratis yaitu sebanyak 130 sertifikat," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023