Petugas Kepolisian Resor Kota (Polresta) Sidoarjo, Jawa Timur, mensterilkan 90 gereja yang ada di kota setempat dari ancaman teror bom ataupun gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kantibmas) dalam menjelang pelaksanaan ibadah Misa Natal 2023.

"Hari ini tim penjinak bom (Jibom) gegana Satbrimob Polda Jatim dan Tim K9 melakukan sterilisasi di sejumlah gereja di Sidoarjo, seperti berlangsung di Gereja Elohim, Gereja Santa Maria Annuntiata, Gereja Salib Suci, serta sekitar 90 gereja lainnya," ujar Kasubag Dalops Polresta Sidoarjo AKP Sugeng Tri Hariyanto saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Minggu .

Ia mengatakan sterilisasi dilakukan mulai dari depan gereja, lokasi parkir, pintu masuk gereja, taman di sekitar gereja, hingga bagian dalam sampai altar, termasuk pemeriksaan dilakukan di pot-pot bunga bahkan tempat sampah.

Untuk menjamin rasa aman dan nyaman kepada umat Kristen yang akan menjalankan Misa Natal, kata dia, Polresta Sidoarjo bersama tim penjinak bom dari Satuan Brimob Polda Jatim dilakukan sterilisasi gereja-gereja di Sidoarjo guna menyisir lokasi gereja dari potensi gangguan teror.

Baca juga: Polresta Sidoarjo beri latihan gratis uji praktik pemohon SIM

"Semua sudut kami lakukan pemeriksaan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para jemaat yang akan melakukan ibadah saat Hari Raya Natal," kata Sugeng.

Ia menjelaskan dalam menjaga keamanan gereja saat Natal tahun ini, telah disebar sekitar 750 personel Polresta Sidoarjo, Polda Jatim dan jajaran, dengan melibatkan dukungan personel dari TNI, juga ada Satpol PP, Banser, dan pihak terkait lain.

"Selain prioritas pada faktor keamanan gereja dan jemaat, personel gabungan juga menghimbau pada pengurus gereja dan jemaat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan saat berlangsung ibadah Misa Natal 2023," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023