Universitas Ciputra (UC) Surabaya menyebarkan pesan Natal 2023 dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 damai melalui pameran lukisan dari limbah kopi yang digelar di kampus setempat, Senin.

"Pesta demokrasi ini tentu hal menarik bagi pemilih pertama, yaitu Gen Z," kata Kepala Program Studi Visual Communication Design (VCD) UC Surabaya, Christian Anggrianto.

Menurut dia, Gen Z yang dikenal dekat dengan gawai ini rawan mengonsumsi berita politik yang tidak berimbang, dan itu disebutnya mampu memecah belah dalam pilihan politik.

"Pemilih pemula untuk tahun depan itu ada di kami Gen Z. Kami ingin membawa pesan damai dan pesan persatuan juga ke Gen Z. Yang kami lakukan adalah menciptakan lukisan-lukisan bertema perdamaian, persatuan dan keberagaman," ujar Christian.

Oleh sebab itu, Prodi VCD UC mengajak mahasiswanya melukis bersama-sama dalam satu kanvas besar. Kegiatan ini merupakan kampanye toleransi dan pesan damai melalui sebuah seni.

Beberapa lukisan dari ampas kopi bergambar tokoh politik mengenakan pakaian adat berbagai daerah dan saling bergandengan, terpampang di ruangan tersebut. Selain itu, di tiap lukisan selalu ada pohon Natal yang menambah nuansa perbedaan dalam satu frame lukisan.

"Setiap Natal kan mesti bertema damai. Kami ingin tema damai kali ini bukan tentang Natal saja, tapi juga tentang Indonesia di tahun depan, tahun politik," ujarnya.

"Seluruh Masyarakat Indonesia khususnya Gen Z sebagai pemilih pemula ini perlu diingatkan bahwa perbedaan itu pasti ada, sehingga mampu menyikapi perbedaan ini dengan baik dan tetap saling menghormati," ucap Christian menambahkan.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023