Pengusaha di bidang makan dan minuman (f&b) Yooky Tjahrial mengingatkan kepada para pelaku usaha pemula agar mempersiapkan dua langkah utama, yakni perencanaan dan petunjuk operasional sebelum menjalankan roda bisnisnya.

Kedua poin utama itu disampaikan Yooky saat menggelar agenda "Yooky Talkie Goes to Cafe" di Surabaya, Kamis sore.

"Pertama perencanaan saya kupas soal itu dan kedua adalah handbook atau petunjuk bisnis," katanya seusai acara.

Yooky menjelaskan untuk aspek perencanaan harus dibuat sedetil mungkin, agar tata laksana bisnis di bidang f&b bisa berjalan sesuai konsep awal dan mempermudah penerapan.

"Itu mempermudah kegiatan berbisnis untuk jangka panjang, konsistensi juga butuh perencanaan," ucap Calon Legislatif DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Jawa Timur, asal Partai Amanat Nasional (PAN).

Kemudian, soal petunjuk akan menjadi panduan bagi pengusaha agar tetap berada di tema besar usaha.

"Handbook ini agar pengusaha tidak keluar dari jalan, jadi ada soal regulasi sampai SOP, hal-hal itu memperkuat bisnis," ucapnya.

Selain itu, Yooky berharap para pengusaha bisa tekun dan tidak takut melakukan inovasi pada produk bisnis yang dijalankan.

"Kalau dari f&n itu ada menunya apa, konsep lokasi usaha seperti apa, target pasarnya siapa, jadi semua harus dipikirkan benar dan juga jangan takut mencoba hal-hal baru atau belajar," kata dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023