PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember membawahi Banyuwangi, Jawa Timur, telah mempersiapkan sarana prasarana masa angkutan libur Natal Tahun 2023 dan Tahun 2024 atau Nataru.

Pelaksana Harian (Plh) Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Jember Anwar Yuli Prastyo mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan keseluruhan menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, dan KAI juga telah menetapkan masa libur Nataru mulai 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

"Kalau kereta api berangkat dari stasiun-stasiun Banyuwangi, reguler ada 14 perjalanan tiap harinya, nanti jika ada peningkatan tentunya akan ditambah," kata Anwar saat dihubungi dari Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.

Belasan perjalanan kereta api dari sejumlah stasiun-stasiun di Banyuwangi, lanjut dia, empat kereta api di antaranya kereta api lokal.

Kereta api jarak jauh yang terus beroperasi, dari stasiun di Banyuwangi, di antaranya KA Tawang Alun relasi Ketapang dan Malang Kota Lama dan KA Tanjung Wangi Ketapang-Lempuyangan, KA Ketapang-Surabaya (Gubeng), Ka Wijaya Kusuma relasi Ketapang-Cilacap, KA Blambangan relasi Ketapang-Semarang.

"Mengenai harga tiket kereta api pada pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 tidak ada kenaikan harga untuk kereta api ekonomi bersubsidi itu tetap, seperti KA Tawang Alun, KA Sritanjung dan juga kereta api lokal Pandan Wangi juga tetap tarifnya," kata Anwar.

Dia menambahkan, untuk kereta api komersial tarifnya sesuai dengan batas atas dan batas bawah yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

"Jadi, kalau untuk kereta api komersial itu memang harga tiketnya bersifat fluktuatif. Dan biasanya untuk tarif harga tiket kereta api komersial biasanya ada beberapa pilihan harga, yakni kalau kita biasanya memesan lebih awal kita di situ bisa memilih tarif yang paling rendah," kata Anwar.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023