Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tower Jatim di Jalan Raya Wisma Pagesangan Surabaya menjadi sentra bertemunya ulama dan keilmuan. 

Gedung  MUI Tower  Jatim terdiri dari lima lantai dengan luas bangunan mencapai 4.900 meter persegi. Berdiri di atas lahan seluas 3.045 meter persegi, total anggaran pembangunannya mencapai Rp36,9 miliar.

Menurut Gubernur Khofifah, gedung berdesain modern dengan ornamen islami ini selain berfungsi sebagai perkantoran juga dapat mendiskusikan berbagai macam keilmuan.

"Kami berharap majelis ilmunya di sini. Para pakar sains bisa melakukan berbagai ikhtiar terutama untuk industri halal di sini," katanya saat meresmikan Gedung MUI Tower Jatim pada 21 November 2023. 

Khofifah mengungkapkan tersedia banyak ruang rapat di Gedung MUI Tower Jatim yang dapat dimanfaatkan untuk membahas segala persoalan yang berkaitan dengan umat,  juga keilmuan yang didasarkan pada nilai-nilai agama sebagai dasar membangun moderasi dan toleransi.

"Insya Allah, gedung ini memungkinkan untuk bisa memberikan layanan-layanan keumatan dan umum lainnya. Para guru besar juga dapat melakukan diskusi atau meeting di gedung ini," ujarnya.

Gubernur Khofifah menyampaikan laboratorium halal di gedung ini diharapkan ke depan bisa menjadi penguat berkembangnya industri halal di Jatim. 

"Kebutuhan-kebutuhan yang tidak bisa sepenuhnya bisa dilaksanakan oleh pemerintah salah satunya percepatan sertifikasi halal. Nantinya banyak lembaga-lembaga yang mungkin bisa diaktifkan untuk bisa mendapatkan sertifikasi sesuai dengan keahlian-keahliannya," ujarnya.

Gedung MUI Tower Jatim, lanjut Khofifah, akan menjadi rumah besar bagi berbagai ormas keagamaan Islam yang diharapkan dapat menyemai pentingnya membangun kebersamaan, persatuan dan kerukunan.

"Akan menjadi referensi luar biasa bukan hanya untuk Jatim tapi kebutuhan bagi Indonesia," ucapnya.

Gubernur Khofifah menegaskan keberagaman dan kerukunan adalah hal penting yang harus terus dibangun di Indonesia. Terlebih di menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ketika tensi politik mulai meningkat.

"Mudah-mudahan peresmian Gedung MUI Tower Jatim menjadi momentum untuk kembali merekatkan persaudaraan, persatuan dan kerukunan di antara kita semua," tuturnya. 
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023