Kelompok Relawan Pandawa Ganjar menggelar penyuluhan antinarkoba kepada masyarakat di Desa Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo.

"Kami mengedukasi masyarakat, khususnya kalangan orang tua agar dapat mengarahkan anaknya dengan baik," kata salah seorang penyuluh dari Pandawa Ganjar, Novan Pahlevi dalam siaran pers diterima di Surabaya, Senin.
 
Novan menyarankan para orang tua untuk mengarahkan anaknya untuk melakukan kegiatan-kegiatan bernilai positif dan produktif.

"Pertama, orang tua harus mengarahkan tentang pergaulan anak-anak mereka. Kedua, melakukan kegiatan-kegiatan positif biar mereka semua tidak terjerat narkoba," ujarnya.

Selain peran orang tua, menurutnya pihak lain yang memiliki andil besar dalam mencegah peredaran narkoba adalah lingkungan sosial di setiap wilayah dari mulai tingkat Rukun Tetangga (RT).

Novan menjelaskan langkah pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat melalui organisasi-organisasi kemasyarakatan dan kepemudaannya adalah menggelar kegiatan-kegiatan bermanfaat, seperti penyuluhan yang sedang dilakukannya.

"Penting mengadakan kegiatan penyuluhan narkoba seperti ini. Untuk mengedukasi agar anak-anak tahu dampak narkoba itu seperti apa," tuturnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023