Pimpinan DPRD Kota Surabaya meminta Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut peduli dan mendoakan kemerdekaan Palestina.

Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti dalam keterangannya di Surabaya, Senin, menyebut dalam kurun waktu satu bulan terakhir, rakyat Palestina telah banyak gugur dan jatuh korban jiwa akibat eskalasi tempur dan invasi oleh Israel. 

"Warga Surabaya dan sekitarnya terus doakan bangsa Palestina, rakyat Palestina, anak-anak Palestina, pemuda-pemuda Palestina, para lansia Palestina untuk merasakan kemerdekaan sebagaimana kita merasakan kemerdekaan hingga saat ini," ujar legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Bagi Caleg DPR RI Dapil Surabaya-Sidoarjo itu, Pemerintah RI memiliki sikap yang konsisten dan jelas terhadap pembelaan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina. Maka hingga kapanpun aliran dukungan tidak akan berhenti untuk membela hingga Palestina merdeka. 

Oleh karenanya, Pimpinan DPRD Kota Surabaya itu juga menyerukan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya khususnya dalam hal ini Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dapat menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk dapat mendoakan kemerdekaan bagi Palestina.   

Elemen masyarakat tersebut meliputi majelis taklim, pengajian, komunitas-komunitas, sekolah-sekolah, pejabat, aparatur sipil negara (ASN), pegawai di pemkot, pengurus RT/RW, LPMK, semua Kader Surabaya Hebat (KSH), pelajar, mahasiswa dan lainnya.

"Kita yakin bahwa pertolongan itu dari Allah SWT dan semoga kita menjadi bagian dari yang mendoakan turunnya pertolongan Allah SWT kepada bangsa Palestina. Suroboyo Ku belo Palestina, Indonesia Ku bela Palestina, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar," katanya.

Hal itu juga disampaikan Reni saat menghadiri Aksi Peduli dan Bela Palestina di depan Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya pada Minggu (12/11). Dalam aksi itu, Reni turut ambil bagian aksi tersebut bersama ratusan ribu para peserta yang hadir pada kesempatan itu. Ia pun memberikan orasi di hadapan ratusan ribu massa aksi tersebut. 

"Kita berkumpul demi kemerdekaan Palestina," kata Reni saat orasi.

Diketahui pelaksanaan aksi damai tersebut dihadiri pula Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Pada momen ini, bendera Merah Putih berkibar berdampingan bendera Palestina di sepanjang Jalan Gubernur Suryo. Massa aksi dari berbagai kalangan usia dari belia hingga lansia itu juga terlihat senada mengenakan seragam dominan putih.  

Mereka berdatangan membawa bendera, syal, poster dan spanduk bertuliskan dukungan untuk Palestina. Selain doa bersama dan melantunkan sholawat Asyghil, mereka juga menyampaikan aspirasi dan mengecam invasi besar-besaran Israel ke wilayah Palestina. 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023