Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur menyelaraskan APBD 2024 dengan kebijakan fiskal nasional, agar stabilitas ekonomi daerah tersebut terjaga.

"Kebijakan umum APBD tahun 2024, Pemkab Lumajang telah disinergikan dan diselaraskan dengan pokok-pokok kebijakan fiskal nasional," kata Penjabat Bupati Lumajang Indah Wahyuni dalam keterangan tertulis yang diterima di kabupaten setempat, Sabtu.

Melalui penyelarasan kebijakan fiskal pusat dan daerah, lanjut dia, diharapkan pemerintah daerah secara bersama-sama dengan pemerintah pusat dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional.

"Hal itu juga dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mendukung transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," tuturnya.

Menurut dia, sejalan dengan arah kebijakan nasional dan kebijakan Provinsi Jawa Timur tahun 2024, tema pembangunan Kabupaten Lumajang Tahun 2024 adalah "Penguatan transformasi ekonomi yang inklusif untuk percepatan pembangunan berkelanjutan".

Secara umum kebijakan keuangan tahun 2024 diarahkan pada terwujudnya penguatan transformasi ekonomi yang inklusif untuk percepatan pembangunan berkelanjutan yang ditempuh melalui optimalisasi 3 (tiga) fungsi utama APBD, yaitu alokasi, distribusi dan stabilisasi.

"Harapan saya, dengan waktu yang terbatas itu Tim Pengelolaan Anggaran Daerah (TPAD), Badan Anggaran dan seluruh fraksi, serta komisi DPRD dan seluruh OPD selaku mitra kerja dapat menyelesaikan pembahasan RAPBD tahun anggaran 2024 tepat waktu," katanya.

Ia menjelaskan sesuai dengan tema pembangunan Kabupaten Lumajang tahun 2024 terdapat delapan prioritas pembangunan di kabupaten setempat yakni pengurangan kemiskinan dan penghapusan kemiskinan ekstrem; peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan; penguatan ekonomi melalui peningkatan sektor pertanian, perindustrian, dan pariwisata.

Kemudian penguatan konektivitas wilayah untuk menjamin pemerataan pembangunan; peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia; peningkatan infrastruktur untuk mendukung pelayanan dasar; peningkatan ketahanan bencana dan kualitas lingkungan hidup; serta peningkatan kondusifitas wilayah serta kualitas pelayanan publik berbasis IT.

Penjabat Bupati Lumajang menyampaikan delapan prioritas pembangunan itu dalam rapat paripurna penyampaian nota penjelasan Bupati Terhadap RAPBD TA 2024 di Kantor DPRD Kabupaten Lumajang, Jumat (10/11).

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023