Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Local Organizing Committe (LOC) menyediakan fasilitas pusat informasi untuk mengakomodasi keperluan awak media mendapatkan informasi seputar perkembangan Piala Dunia U-17.

Pusat informasi yang diinisiasi Kominfo bersama LOC Piala Dunia U-17, didirikan di ballroom salah hotel di Kota Surabaya.

"Lokasi ini untuk mendukung teman-teman wartawan mendapatkan perkembangan informasi Piala Dunia U-17," kata Koordinator Informasi Media Center Piala Dunia U-17 Surabaya Miftakhul FS kepada ANTARA, di pusat informasi Piala Dunia U-17, Kamis.

Sarana di Surabaya itu didirikan dengan mengedepankan aspek kenyamanan dan dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti 10 unit komputer dan Wifi untuk menunjang tugas para awak media.

Di sana ada layar LCD dan ketika pertandingan, pihak panitia juga menayangkan seluruh pertandingan Piala Dunia U-17. Kemudian di salah satu sudut ruangan  tersedia dua kursi mesin pijat yang bisa digunakan secara gratis.

"Ada coffee break juga," ucapnya.

Ruang media center yang terletak di lantai M salah satu hotel itu diperkirakan mampu menampung hingga 150 media saat agenda konferensi pers di luar konteks pertandingan.

Di sana terdapat area outdoor dan dilengkapi sejumlah kursi dan meja dengan kapasitas sekitar 40 orang. Kawasan tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan naskah berita.

"Jumpa pers misalnya dari pihak mana ingin menyampaikan informasi yang berkaitan dengan piala dunia, tetapi non pertandingan bisa digelar di tempat ini. Kalau yang soal pertandingan di stadion," ujarnya.

Pusat informasi dari Kemenkominfo bersama LOC Piala Dunia beroperasi pada Jumat (10/11/2023) hingga rampungnya kejuaraan dunia kelompok usia di tanggal 2 Desember 2023.

Sedangkan jam operasionalnya, yakni mulai pukul 11.00-23.00 WIB.

Dia berharap fasilitas tersebut bisa menunjang kinerja pemberitaan para awak media.

"Teman-teman wartawan bisa beraktivitas di sini," katanya.

Pantauan ANTARA di lokasi, pusat informasi tersebut masih dalam proses penyempurnaan, puluhan unit komputer sudah terpasang di dua baris meja terdepan.

Beberapa papan penunjuk lokasi hendak akan dipasang oleh petugas.

Beberapa orang petugas nampak mempersiapkan ornamen hiasan khas Piala Dunia U-17, kemudian juga ada logo Kota Surabaya yang masih dalam proses penempelan pada papan palet.
 

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023