Pemerintah Kabupaten Tulungagung bekerja sama dengan BCA menggelar pelatihan sertifikasi halal yang diikuti ratusan pelaku usaha daerah setempat.

Acara yang yang digelar di ballroom Bharata Convention Hall itu mendapat apresiasi luas dari kalangan dunia usaha di Tulungagung, terutama kelompok UMKM yang bergerak di bidang produk makanan kemasan, bahan pangan olahan maupun produk turunan lainnya.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan sektor perbankan yang pro aktif mengadakan workshop sertifikasi halal bagi UMKM," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tulungagung, Slamet Sunarto dikonfirmasi usai kegiatan pelatihan sertifikasi halal tersebut, Rabu.

Untuk mendorong sertifikasi halal, pihaknya terus melakukan sosialisasi pada pelaku UMKM. "Syaratnya cuma KTP dan NIB," katanya.

Jika persyaratan sudah cukup, pelaku UMKM mengajukan ke Kementerian Agama untuk selanjutnya diperiksa keabsahan halalnya.

Jika lolos pemeriksaan maka UMKM tersebut akan memperoleh sertifikasi halal.

Ia berharap kegiatan serupa lebih banyak digelar, tidak hanya melalui program pemerintah pusat ataupun daerah, namun juga dengan fasilitasi dan dukungan sektor usaha  lain, termasuk perbankan.

Kenapa hal itu dia rasa penting, tidak lain karena fakta lapangan terlalu banyak pelaku UMKM di Tulungagung yang belum bersertifikasi halal.

Dari sekitar 139 ribu pelaku UMKM di kota industri marmer terbesar di Indonesia itu, baru sekitar 28 ribu yang memiliki nomor induk berusaha (NIB).

Padahal, salah satu persyaratan untuk memperoleh sertifikasi halal, UMKM harus memiliki NIB.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Cabang BCA Tulungagung Ade Bahtiar mengatakan fasilitasi ini merupakan kepedulian terhadap pelaku UMKM. Sekaligus sebagai rangkaian HUT ke-818 kabupaten setempat.

Ade melanjutkan kegiatan fasilitasi ini dilakukan setelah melakukan komunikasi dengan Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Kabupaten Tulungagung.

Dari penjelasan yang diterima, pelaku UMKM diwajibkan untuk mencantumkan label halal dalam kemasan produk pangan.

"Harus mencantumkan label halal pada Oktober 2024. Kami dari BCA mengadakan workshop sertifikasi halal gratis bagi UMKM," katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023