Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan, Jawa Timur menyiapkan sebanyak 37 TPS lokasi khusus (loksus) untuk kelancaran proses pemungutan suara di wilayah setempat pada Pemilu 2024.

Ketua KPU Magetan Fahrudin mengatakan 37 TPS loksus tersebut akan disediakan di dua tempat, yakni Ponpes Al Fatah di Temboro, Kecamatan Karas Magetan dan Rumah Tahanan (Rutan) Magetan.

"Untuk TPS loksus, akan disiapkan 36 TPS loksus di Temboro dan satu TPS loksus di rutan," ujar Fahrudin di Magetan, Selasa.

Menurut dia, TPS loksus diperuntukkan bagi pemilih pindahan yang telah terdata di tempat lain. Syarat penyediaan jenis TPS tersebut, minimal terdapat 100 pemilih di lokasi baru.

Baca juga: KPU Magetan terima Kirab Pemilu 2024 dari Nganjuk

Banyaknya santri dari luar daerah di Ponpes Al Fatah Temboro berdampak ke pelaksanaan Pemilu 2024. Karenanya, KPU Magetan menyediakan TPS loksus di ponpes setempat.

"Sebanyak 36 TPS loksus di Ponpes Temboro nantinya untuk 9.879 pemilih. Mereka adalah santri-santri yang tidak pulang ke daerah asal saat pemungutan suara," tutur Fahrudin.

Sedangkan di Rutan Kelas IIB Magetan akan disediakan satu TPS loksus untuk mengakomodasi sekitar 183 pemilih warga binaan rutan setempat.

"Jadi, secara total akan ada 37 TPS loksus untuk 10.062 pemilih dalam pelaksanaan pemilu tahun depan di Magetan. Sementara TPS regulernya sejumlah 1.975 TPS," ujarnya.

Sementara, jumlah pemilih yang telah ditetapkan dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 di Magetan mencapai sebanyak 538.877 pemilih. DPT pemilu itu meliputi 263.722 pemilih laki-laki dan 275.155 pemilih perempuan.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023