Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur meminta seluruh kader untuk mengambil peran dan terlibat aktif dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Pimpinan Wilayah IPNU Jawa Timur Fakhrul Irfansyah dalam keterangan tertulis yang diterima di Kabupaten Malang, Senin, mengatakan bahwa kader IPNU harus cerdas dalam mengambil peran dalam mengawal Pemllu 2024.

"Kader IPNU se-Jawa Timur harus cerdas dalam berpolitik dan ampil peran dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu dengan aman dan sejuk," katanya.

Fakhrul menjelaskan kader-kader IPNU harus cermat dalam menentukan pilihan. Sebagai generasi terpelajar, ia menyebut demokrasi harus dimanfaatkan IPNU dalam menciptakan kepemimpinan ideal di sejumlah daerah hingga nasional.  

"Rekan-rekan IPNU se-Jawa Timur harus cermat dalam Pemilu dan pileg 2024 ini, kita tidak boleh golput karena demokrasi yang kita jalankan ini merupakan sarana dalam melahirkan pemimpin yang kita harapkan” ujarnya. 

Menurutnya, PW IPNU Jatim telah melakukan analisa dan kajian internal terkait pertimbangan calon presiden dalam menentukan wakil presiden beserta programnya. Ada sejumlah poin yang menjadi catatan.

"Pertama, berasal dari Nahdliyin sebagai basis pemilih terbesar dalam Pilpres, kemudian mewakili Gen Z dan Millenial dan terakhir berasal dari Jawa Timur yang juga diperebutkan para calon presiden dalam menentukan pasangannya," katanya.. 

Ia mengingatkan agar para kader tidak larut dalam suasana politik, dan PW IPNU Jatim tetap mendorong para kader untuk menghadirkan situasi politik damai dan demokratis, tidak melakukan ujaran kebencian dalam perbedaan pilihan.

"Perintahnya tetap ambil peran dalam pilpres yang damai, terlibat aktif dalam wacana pilpres yang demokratis, memilih berdasarkan gagasan dan program jangka Panjang dan berpihak pada kepentingan nasional," katanya.

Dalam kesempatan itu, PW IPNU Jawa Timur juga menggelar Latihan Kader Utama (LAKUT) untuk meningkatkan kaderisasi yang diikuti 23 Ketua Pimpinan Cabang IPNU se-Jawa Timur pada 26-29 Oktober 2023.

Dalam pelaksanaan LAKUT tersebut, isu menarik terkait Teknokrasi Kepemimpinan menjadi agenda utama yang dibangun PW IPNU Jawa Timur, dimana hal tersebut merupakan arahan langsung ketua umum PBNU terhadap IPNU. 

Latihan Kader Utama merupakan jenjang pendidikan dan pelatihan tertinggi dalam kaderisasi IPNU. Sementara untuk forum Nasional, lulusan LAKUT tersebut dapat mengikuti Latihan Kepimpinan Nasional (LAKNAS) yang hanya digelar Pimpinan Pusat IPNU. 

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023