Kegiatan "Pride of East Java Probolinggo Expo 2023" yang digelar Pemkab Probolinggo bersama Universitas Nurul Jadid (Unuja) Paiton dinilai akan membangkitkan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sekaligus sektor pendidikan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

"Dalam kegiatan itu menyajikan dua aspek kunci, yaitu sektor UMKM dan pendidikan. Kami ingin menunjukkan kepada dunia luar bahwa Kabupaten Probolinggo adalah tempat di mana inovasi, kreativitas, dan kemajuan berkembang pesat," kata Penjabat Bupati Probolinggo Ugas Irwanto dalam keterangan di Probolinggo, Jatim, Sabtu.

Menurutnya, kegiatan itu menggambarkan semangat dan kebanggaan yang dimiliki terhadap keberagaman dan keunikan yang ditemukan di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Probolinggo.

"Kegiatan itu merupakan kolaborasi antara Universitas Nurul Jadid dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. UMKM merupakan salah satu pilar penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat ekonomi daerah," tuturnya.

Dalam "Pride of East Java Probolinggo Expo 2023" ini, masyarakat melihat berbagai produk unggulan UMKM di Jawa Timur dan di Kabupaten Probolinggo pada khususnya, serta memberikan dukungan yang lebih besar bagi pengembangan UMKM.

Baca juga: Olahan bawang merah Probolinggo dapat perhatian dari Ibu Negara

Kegiatan yang menghadirkan pameran UMKM dan pendidikan di Kabupaten Probolinggo itu digelar pada Jumat (28/10/203) hingga Minggu (29/10/2023).

"Hal itu dapat menjadi wadah yang sangat baik untuk mengenalkan produk-produk lokal, pendidikan, potensi pariwisata, seni, dan budaya Kabupaten Probolinggo serta inovasi dari para pelaku bisnis dan UMKM," katanya.

Ia berharap kegiatan itu akan mendorong pertumbuhan ekonomi, mempromosikan kerja sama, dan menciptakan peluang baru bagi warga Kabupaten Probolinggo.

"Kegiatan itu tentunya akan membawa harapan besar untuk UMKM lokal agar dapat meraih daya jangkau lebih luas dan meningkatkan penjualan produk mereka," ujarnya.

Sementara, Rektor Universitas Nurul Jadid KH Abdul Hamid Wahid mengatakan pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma selain pendidikan pengajaran dan penelitian.

"Gagasan Expo UMKM itu dilakukan untuk mendorong pemanfaatan infrastruktur makro yang berdampak pada infrastruktur mikro. Diharapkan ajang ini bisa berpihak kepada UMKM dengan cara difasilitasi dan dijaga keberlangsungannya," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023