Kepolisian Resor (Polres) Malang menyiapkan puluhan ribu personel gabungan untuk mengawal tahapan dan pelaksanaan pesta demokrasi terbesar di Indonesia dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis mengatakan bahwa persiapan puluhan ribu personel gabungan tersebut untuk menjaga proses demokrasi khususnya di wilayah tersebut agar berjalan dengan aman dan lancar.

"Dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, Polres Malang telah menyiapkan kekuatan sebanyak 15.640 personel," kata Kholis.

Kholis menjelaskan, dari total sebanyak 15.640 personel tersebut, terbagi dari 737 personel dari kepolisian, 447 personel dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), serta 14.456 personel dari Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Menurutnya, data tersebut akan terus diperbaharui untuk memastikan pengamanan pada tiap-tiap tempat pemungutan suara (tps) yang tersebar di 30 kecamatan di wilayah Kabupaten Malang, bisa berjalan dengan baik saat pelaksanaan Pemliu 2024.

Baca juga: Polres Malang sosialisasi bahaya narkoba cegah penyalahgunaan

"Kekuatan personel sejumlah 15.640 dan akan terus kami perbarui, semoga bisa mencukupi pengamanan di tps," katanya.

Ia menambahkan, salah satu upaya lain yang dilakukan untuk persiapan pengamanan Pemilu 2024 diantaranya adalah Latihan Pra Operasi Mantab Brata Semeru 2024, simulasi sistem pengamanan kota, apel gelar pasukan, serta serangkaian sosialisasi dan pelatihan lainnya.

Polres Malang juga telah memetakan untuk penanganan terkait berbagai isu yang berkaitan dengan Pemilu dan potensi penggunaan isu-isu yang dapat memecah belah masyarakat, terutama isu-isu yang menjelekkan ulama atau tokoh agama yang dikaitkan dengan politik.

"Kami telah mengadakan rapat koordinasi dengan penyelenggara dan pengawas Pemilu 2024, serta rapat lintas sektoral. Selain itu, dialog dengan organisasi kemahasiswaan di Malang Raya juga telah dilakukan," tambahnya.

Ia berharap, melalui serangkaian upaya yang telah dilakukan oleh Polres Malang bersama instansi terkait, jalannya Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Malang.

"Semoga seluruh tahapan Pemilu bisa berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023