Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur resmi membuka Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Komunikasi yang masuk dalam Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP).

"Dibukanya prodi baru karena ingin menjawab kebutuhan masyarakat," kata Wakil Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Euis Nurul Hidayah kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Sebelumnya, Rektor UPN Veteran Jatim Prof. Akhmad Fauzi menjelaskan dibukanya Prodi Magister Ilmu Komunikasi untuk menyumbang peningkatan angka partisipasi kasar (APK) dengan adanya 21 ribu mahasiswa.

"UPN Veteran Jatim kini ada total lima program studi baru, masing-masing Program sarjana terapan (D4) Bahasa Inggris untuk komunikasi profesional dan bisnis, Program Sarjana (S1) Linguistik Indonesia, Bisnis Digital, Pendidikan Kedokteran dan Program Magister (S2) Ilmu Komunikasi," ujarnya.

Sementara itu, keilmuan yang diajarkan pada Prodi Magister Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim, di antaranya perspektif terbaru kajian ilmu komunikasi dalam dunia digital dan media sosial.

Selain itu, mengajarkan analisis big data untuk dua konsentrasi (Digital Communication dan Digital Marketing Communication) yang berguna dalam berbagai profesi dalam industri kehumasan, periklanan maupun komunikasi politik.

Serta mengajarkan riset pasar maupun analisis sosial media audience yang berguna untuk bidang-bidang profesi swasta maupun pemerintahan untuk analisis kebijakan publik.

Sementara dalam kegiatan peluncuran Prodi Magister Ilmu Komunikasi juga digelar Seminar Internasional yang membahas mengenai keberlanjutan ekosistem digital di Indonesia.

Dengan menghadirkan pembicara dari Glasgow Caledonian University Skotlandia, Universitas Airlangga (Unair), Telkomsel serta para pakar di bidang infrastruktur telekomunikasi.(*)

Pewarta: Willi Irawan

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023