Dewan Asuransi Indonesia (DAI) menggelar Hari Asuransi 2023 untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap pelayanan asuransi yang tergolong masih rendah, dengan tajuk “Literasi Asuransi untuk Negeri” berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di 12 kota di Indonesia.

Ketua DAI Rudy Kamdani dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Rabu, mengatakan mengenalkan dan memasyarakatkan Hari Asuransi merupakan sebuah tantangan, hal itulah yang menjadi perhatian dan fokus dari Panitia Hari Asuransi setiap tahunnya.

Menurut dia, insan perasuransian sangat menyadari pentingnya untuk melakukan literasi, untuk itu pelaksanaan kegiatan akan dilakukan dengan berbagai cara, baik melalui literasi di berbagai daerah.

"Kami juga mengadakan konferensi pers untuk menggaungkan perayaan hari asuransi dan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan melalui media cetak, daring dan media sosial lainnya," ucapnya.

Sementara itu, Ketu Umum Asosiasi Penilai Kerugian Asuransi Indonesia (APKAI) Dikarioso mengatakan sebagai lembaga yang ditunjuk DAI sebagai pelaksana Hari Asuransi berharap dukungan dari seluruh pelaku industri perasuransian.

"Termasuk APKAI sebagai bagian dalam industri perasuransian akan berperan aktif dalam literasi asuransi kepada masyarakat agar memahami hak dan kewajiban dalam berasuransi sehingga masyarakat sadar akan manfaat berasuransi," ucapnya.

Hal ini, lanjutnya, sejalan dengan tingkat penetrasi dan densitas yang masih perlu pencapaian lebih tinggi di Indonesia.

"Literasi pada sektor perasuransian berada pada level 31,72 persen sedangkan inklusi pada level 16,63 persen, pencapaian ini masih sangat perlu ditingkatkan untuk mengimbangi perbankan dimana literasi pada sektor ini mencapai 49,93 persen dan inklusi pada level 74,03 persen," ujar Dikarioso.

Oleh karena itu, pihaknya sebagai panitia Hari Asuransi 2023 akan menggelar serangkaian kegiatan literasi dan inklusi kepada masyarakat luas dengan berbagai acara, baik sosialisasi maupun promosi dari masing-masing perusahaan asuransi, institusi terkait dan juga kerjasama dengan asosiasi perasuransian di Indonesia. 

Sementara, Ketua Pelaksanaan Hari Asuransi 2023 Rio Darante dari APKAI berkomitmen untuk melakukan rangkaian kegiatan “Literasi Asuransi untuk Negeri” berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), salah satunya di Surabaya.

“Dengan memperhatikan upaya kerja bersama di seluruh perasuransian tersebut, diharapkan kepercayaan masyarakat menjadi tumbuh dan menjadi harapan bersama edukasi dan literasi keuangan," tuturnya.

"Khususnya asuransi dapat lebih ditingkatkan, dipahami dan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, sebagai salah satu pilar terpenting perekonomian," tambahnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023