DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Kediri berkomitmen mematuhi kesepakatan bersama untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 dengan damai.. 

Wakil Ketua DPD PSI Kota Kediri Deni Setiawan mengatakan partainya berkomitmen penuh mematuhi kesepakatan bersama tersebut, termasuk instruksi Ketua DPD PSI Kota Kediri Ronny Siswanto untuk mengkampanyekan kampanye secara damai.

"Kami merespons baik dan kami kampanyekan secara damai dan santun. Kami juga mendukung program KPU, Bawaslu, Polri. Kami tidak akan mengusung simbol agama, SARA, tapi lebih mengedepankan program, BPJS gratis, sekolah gratis, maupun perampasan aset koruptor," katanya di Kediri, Selasa. 

Ia menambahkan kampanye yang akan dibawa PSI nantinya akan kampanye santun, politik dengan gembira. PSI Kota Kediri juga menargetkan bisa meraih dua kursi di DPRD Kota Kediri.  

Partai politik peserta Pemilu 2024 di Kota Kediri bersama-sama ikut serta dalam deklarasi damai sehingga nantinya bisa tercipta pemilu yang damai di Lapangan Gajahmada, Kota Kediri.

Anggota KPU Kota Kediri Nia Sari mengatakan deklarasi damai ini sebagai komitmen dari seluruh partai politik peserta pemilu sehingga semuanya mempunyai komitmen agar pemilu bisa berlangsung secara aman, damai.

"Peserta pemilu ada 18 partai politik dan di Kota Kediri ada 17 partai. Semuanya hadir. Kami gelar ini harapannya partai menyatakan komitmenanya untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 secara aman, damai," katanya di Kediri, Selasa.

Dalam kegiatan yang digelar di Lapangan Gajahmada Kota Kediri itu ada enam poin yang dibacakan, yakni siap mengikuti Pemilu 2024 secara jujur, adil, santun dan bermartabat.

Poin kedua adalah siap bekerja sama dengan penyelenggara dan pengawas Pemilu 2024 untuk tidak mengangkat isu yang berbau SARA, berita hoaks dan provokasi.

Poin ketiga adalah siap bekerja sama dengan aparat TNI/Polri untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, aman dan damai pada pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Kediri, serta dapat mengendalikan massape pendukung masing-masing dan mendukung sepenuhnya tindakan tegas aparat penegak hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Poin keempat, siap menerima hasil penghitungan suara Pemilu 2024 berdasarkan keputusan KPU Kota Kediri. 

Poin kelima, siap mewujudkan Pemilu 2024 di Kota Kediri berjalan secara aman, damai, dan sukses serta turut memelihara situasi kamtibmas yang kondusif.  

Poin keenam, siap menolak politik identitas yang mengarah pada ujaran kebencian. 

Seluruh perwakilan dari partai politik kemudian ikrar bersama dan dilanjutkan dengan membubuhkan tanda tangan bersama sebagai wujud komitmen.

Demikian juga dengan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra dan jajaran lainnya yang juga turut hadir menyaksikan kegiatan itu ikut membubuhkan tanda tangan bersama. 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023