PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk mendukung pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan petani tebu di Kabupaten Tulungagung, melalui penandatanganan perjanjian kerja sama dengan salah satu pabrik gula, Bank BPR Jatim, PT Pupuk Kaltim, dan Gapoktan Tebu di daerah tersebut.

"Perjanjian kerja sama yang ditandatangani berkaitan dengan pemanfaatan produk kredit modal kerja yang diberikan oleh Bank Jatim kepada gapoktan tebu di Tulungagung," kata Direktur Mikro, Ritel, dan Menengah Bank Jatim R Arief Wicaksono melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya Minggu.

Selain kerja sama, Bank Jatim juga menyerahkan secara simbolis pemberian kredit kepada Gapoktan Tebu Tulungagung.

Kredit yang diserahkan antara lain Kredit KUR Mikro Rp 100 juta, Kredit Jatim Ritel RC Rp 3 miliar, Kredit Jatim Mikro Rp 200 juta, Kredit Jatim Ritel Rp 550 juta, dan Kredit KUR Kecil Rp 150 juta.

"Semoga dengan adanya penandatanganan perjanjian ini bisa menciptakan swasembada pangan, khususnya gula, baik di Jawa Timur maupun Indonesia," ujarnya.

"Dengan harapan dapat meningkatkan hasil petani, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas tebu," lanjutnya.

Sementara, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa optimistis adanya kerja sama tersebut membuat setiap mitra mampu membantu keberlanjutan produksi gula di tingkat petani hingga pabrik.

"Semoga penandatanganan deklarasi ini dapat menjadi pendorong usaha petani tebu di Jawa Timur serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat Jawa Timur," kata dia.(*)

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023