Pebjabat (Pj) Bupati Madiun Tontro Pahlawanto menyatakan komitmennya menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) setempat di tahun politik atau menjelang beberapa bulan menuju Pemilihan Umum 2024.

"Kami akan selalu menjaga wilayah tetap kondusif dan kenetralan ASN di tahun politik," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Kabupaten Madiun, Senin.

Tontro yang juga seorang Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Madiun pada Minggu (24/9) telah dilantik oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya sebagai orang nomor satu di pemkab setempat.

Ia menggantikan Bupati Ahmad Dawami yang memasuki akhir masa jabatan dan telah berkuasa selama lima tahun terakhir.

"Ini adalah amanah yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Apalagi tantangan yang dihadapi tidak mudah, terlebih memasuki tahun politik," kata Tontro.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati purna tugas Ahmad Dawami yang banyak memberikan bimbingan sehingga proses pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan.

Selain itu, dirinya menyatakan siap melanjutkan roda pemerintahan dan program yang telah dicanangkan oleh Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya. 

"Apa yang kurang harus disempurnakan dan yang sudah baik tetap ditingkatkan," kata Pj Bupati.

Tontro juga mengaku mendapat arahan langsung dari Gubernur Khofifah terkait sejumlah sektor yang perlu mendapatkan perhatian serius, seperti soal inovasi pertanian, stunting, kondisi iklim, hingga angka kemiskinan ekstrem.

"Ketersediaan pangan harus terpelihara sehingga menjadikan Kabupaten Madiun sebagai lumbung pangan Provinsi Jatim. Untuk itu akan ada prioritas sarana dan prasarana produksi pertanian," ucapnya.

Terkait masalah iklim, kata Tontro, apabila ketersediaan air menjadi masalah maka tentunya harus segera melakukan intervensi persediaan air. 

Sedangkan, persoalan agenda kerja dalam waktu dekat, ia akan memanfaatkan sisa anggaran tahun 2023 untuk menekan stunting dan angka kemiskinan ekstrem semaksimal mungkin.

Tak itu saja, pihaknya juga melakukan koordinasi intensif dengan seluruh jajaran dan pimpinan DPRD, terutama dalam proses penyusunan Rancangan APBD 2024.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023