Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya melakukan pemadaman kejadian kebakaran yang terjadi di lahan ilalang di Jalan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Kamis malam.

Kepala DPKP Kota Surabaya Dedik Irianto melalui keterangan resmi mengatakan upaya pemadaman tersebut berjalan dalam kurun waktu 46 menit.

"Tiba di tempat kejadian kebakaran pukul 19.00 WIB, api pokok padam pukul 19.46 WIB," ujar Dedik.

Kemudian setelah api pokok padam, petugas melakukan aktivitas pembasahan lahan guna mengantisipasi potensi terjadinya kembali kebakaran di lokasi tersebut.

"Pembasahan selesai dan dinyatakan kondusif pukul 20.27 WIB," ucapnya.

Berdasarkan data dari DPKP total luasan lahan kosong mencapai dua hektar, sedangkan area yang terbakar lebih kurang 50 meter x 500 meter. 

"Unit yang diberangkatkan dua unit dari Pos Keputih dan satu tangki bantuan dari Puri Galaxy," kata dia.

Sedangkan untuk penyebab kebakaran sampai saat ini masih belum diketahui.

Sementara, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya yang dihimpun dari DPKP, kebakaran itu dilaporkan oleh seorang petugas keamanan Suparlan (62).

"Menurut Keterangan dari saksi, saat itu hendak patroli wilayah di seputaran area dan melihat adanya api yang membesar," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Darlog) Buyung Hidayat.

Melihat kejadian itu, Suparlan kemudian menghubungi petugas melalui layanan Command Center 112. 

"Saksi yang mengetahui langsung menghubungi 112 untuk penanganan lebih lanjut," katanya.

Selain DPKP dan BPBD, penanganan kebakaran juga melibatkan petugas dari Pos Pantau Terpadu Timur dan Pos Pantau UKM Merr dan Panjang Jiwo.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023