Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) berupaya meningkatkan geliat dunia penyedia jasa atau agen perjalan pariwisata Tanah Air dengan menggandeng Penang Global Tourism.

Ketua Umum ASTINDO Pauline Suharno mengatakan pihak Penang Global Tourism membawa beragam destinasi wisata untuk diperkenalkan, melalui cara agen perjalan wisata di Indonesia bisa membuat daftar pariwisata unggulan untuk ditawarkan kepada masyarakat.

"Dengan acara seperti ini travel agent punya pengetahuan lebih dan diharapkan bisa setelah dari acara ini bisa membuat produk tur untuk segmen pasarnya masing-masing," kata Pauline saat sesi konfrensi pers "Re-Experience Penang in the 6 Newest Ways" di salah satu hotel di Kota Surabaya, Kamis.

Dia pun mendorong agar para pemilik usaha jasa perjalanan wisata bisa berkreasi sebaik mungkin memanfaatkan peluang yang ada, yakni dengan mencocokkan antara pariwisata dengan segmentasi masyarakat Indonesia.

"Misal keluarga, menemani keluarganya berobat, korporasi, summer school, insentif trip, pameran, kuliner," ucapnya.

Dia berharap dengan langkah tersebut perkembangan agen perjalanan di Tanah Air bisa semakin pesat, sehingga memberikan dampak ekonomi berupa terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Agen perjalanan ini UMKM yang harus terus digalakkan supaya semakin berdaya. Salah satu caranya dengan jalur Penang membawa destinasi wisata, seperti rumah sakit juga," ucapnya 

Di sisi lain, Pauline juga menyebut akses menuju Penang, Malaysia juga terbilang mudah, sebab Indonesia memiliki jadwal banyak penerbangan menuju kota tersebut yang bisa diakses dari sejumlah daerah.

"Jakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan, Manado, Aceh. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat luar negeri yang paling banyak ke Penang, salah satu sebabnya karena punya konektivitas pesawat yang paling banyak," katanya.

Sementara, CEO Penang Tourism Ooi Chok Yan menyebut pihaknya mencatat per Juli 2023 sebanyak 107 penerbangan dari Indonesia menuju Penang.

Diharaakan dengan kolaborasi dengan ASTINDO perjalanan pariwisata menuju Penang dari Indonesia bisa mengalami peningkatan.

"Kegiatan promosi selain membantu membangkitkan dan mengaktifkan kembali kunjungan wisata ke berbagai destinasi di Penang. Kemudian memperkuat hubungan bisnis antar pengusaha di Penang dan Indonesia," ujarnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023