Kepolisian Resort (Polres) Bangkalan, Jawa Timur mendistribusikan bantuan air bersih ke sejumlah desa terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih saat kemarau seperti saat ini.

"Hari ini yang menjadi sasaran bantuan adalah Desa Bragang, Kecamatan Klampis," kata Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya di Bangkalan, Jawa Timur, Jumat.

Sebanyak 4 ribu liter air disalurkan ke beberapa rumah tangga di desa ini.

Polres bekerja sama dengan pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Klampis.

"Desa Bragang ini merupakan desa pertama yang menjadi sasaran bantuan dan selanjutnya akan menyasar desa-desa lain yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih," katanya, menjelaskan.

Sementara itu Kapolsek Klampis, Iptu Anang Widiarto mengatakan saat ini air bersih memang sangat dibutuhkan masyarakat.

"Masyarakat sangat senang mendapatkan kiriman air bersih, karena memang kemarau yang cukup panjang, sumur milik warga sudah banyak mengering. Disini ada 3 Desa yang mengalami kekeringan," katanya.

Menurut data BPBD Kabupaten Bangkalan, pada musim kemarau tahun 2023 ini ada 78 desa tersebar di 8 kecamatan yang rawan mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

Jumlah itu meningkat dibandingkan tahun 2022. Kala itu, jumlah desa yang mengalami kekeringan sebanyak 61 desa tersebar di 9 kecamatan.
 

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023