Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur telah mengirim bantuan air bersih ke desa-desa yang selama musim kemarau mengalami kekeringan dan kekurangan air di Kabupaten Bangkalan.

Ketua PMI Bangkalan Sa'ad Asjari menyampaikan bahwa PMI Jawa Timur dari 8 hingga 25 Agustus 2023 telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 115.000 liter ke desa-desa yang mengalami kekeringan dan kekurangan air.

"Hingga saat ini pendistribusian tetap berlangsung, karena masyarakat yang tinggal di desa terdampak masih membutuhkan bantuan," katanya di Bangkalan, Jawa Timur, Rabu.

Asjari menambahkan, pendistribusian bantuan air bersih dilakukan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Perusahaan Air Minum Daerah Kabupaten Bangkalan.

Menurut data BPBD Kabupaten Bangkalan, pada musim kemarau tahun 2023 ada 78 desa di delapan kecamatan di Kabupaten Bangkalan yang rawan mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

Jumlah desa di Kabupaten Bangkalan yang rawan mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih tahun ini lebih banyak dibandingkan pada tahun lalu.

Pada tahun 2022 ada 61 desa di sembilan kecamatan di Kabupaten Bangkalan yang rawan mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.
 

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023