Pemerintah Kabupaten Bangkalan di Provinsi Jawa Timur membangun tempat pengelolaan sampah reduce-reuse-recycle atau TPS3R untuk mengatasi masalah penanganan sampah di wilayahnya.

"TPS3R ini merupakan pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat, melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan Anang Yulianto di Bangkalan, Jumat.

Anang menyampaikan pernyataan itu menyusul unjuk rasa aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bangkalan pada 24 Agustus 2023 untuk menuntut perbaikan manajemen penanganan sampah.

Menurut dia, pemerintah kabupaten mengupayakan pembangunan TPS3R dengan dukungan pendanaan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga dana desa.

Selain itu, menurut dia, pemerintah kabupaten akan mengembangkan fasilitas pengolahan sampah menjadi bahan bakar (Refuse Derived Fuel/RDF) di setiap kecamatan.

"Pengelolaan sampah strategis berkapasitas 100 ton per hari di TPS akan kami susun. Karena itu, kami menggandeng pihak ketiga," katanya, tanpa menyebutkan pihak ketiga yang dimaksud.

 

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023