Program Studi (Prodi) Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya bersama Google Developer Groups (GDC) Cloud membahas teknologi terkini melalui acara Google I/O Extended Cloud Surabaya.

Rektor Untag Surabaya Prof. Mulyanto Nugroho kepada wartawan di Surabaya, Senin, mengatakan, Google I/O Extended ialah kegiatan yang diadakan oleh komunitas Google Developers Group di seluruh dunia yang bekerja sama dengan komunitas lokal sebagai ekstensi atau perpanjangan dari acara utama Google I/O.

Google I/O merupakan konferensi pengembang tahunan yang diadakan oleh Google, yang menjadi platform bagi Google untuk berbagi informasi terbaru tentang produk, layanan, dan teknologi mereka kepada para pengembang dan komunitas teknologi.

Google I/O Extended bertujuan menyebarkan semangat dan informasi yang sama seperti acara utama Google I/O, namun diselenggarakan di lokasi-lokasi terdekat yang lebih mudah dijangkau oleh para peserta di seluruh dunia.

"Materi yang diangkat pada acara kali ini sangat menarik. Pengalaman saya dulu dengan background seorang akuntan, zaman saya dulu membuat financial report itu susahnya minta ampun. Adanya perkembangan software dan data cloud tentu sangat penting sekali," ujarnya.

Menurut dia, mahasiswa sebagai patriot NKRI harus menyesuaikan dengan teknologi. Prof. Nug, sapaannya yakin mahasiswa saat ini lebih pintar dan memiliki inovasi yang lebih baik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur Sherlita Ratna Dewi Agustin mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini.

"Saya mengapresiasi inisiasi dari google menyelenggarakan kegiatan ini dan tentunya Prodi Sistekin Untag Surabaya yang telah mendukung dan memfasilitasi acara ini. Teman-teman disini butuh ruang untuk bisa ikut apa yg terbaru di dunia saat ini. Semoga acara ini bermanfaat bagi kita semua," ujarnya.

Sejumlah pemateri dihadirkan dalam kegiatan tersebut yakni Google Develop Expert & Head of Engineering at Zero One Group Doni Rubiagatra, Google Developer Expert & Senior Cloud Engineer at Btech Ananda Dwi Rahmawati, Google Developer Expert & Tech Lead at Goto Financial Giri Kuncoro, Google Developer Expert & Chief Executive Officer at GITS Indonesia Ibnu Sina Wardy serta Women Tech Makers Ambassador & Chief Research Officer at Narasio Data Farida.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023