Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Magetan, Jawa Timur menggelar lomba kreasi cipta menu pangan dari bahan lokal sebagai upaya mengangkat potensi komoditas pangan setempat dan pemenuhan gizi keluarga.

Kepala Dinas TPHPKP Magetan Uswatul Chasanah mengatakan lomba tersebut diikuti oleh kader Tim Penggerak PKK di setiap kecamatan di daerah itu, untuk menciptakan ragam menu makanan dan minuman dari 18 kecamatan sebagai momentum mengenalkan bahan lokal unggulan dari masing-masing kecamatan.

"Tiap kecamatan memiliki bahan unggulan masing-masing. Dari bahan pangan unggulan itu bisa diinovasikan menjadi makanan yang menarik, bergizi, dan aman," ujarnya.

Dalam lomba tersebut, para kader PKK menunjukkan kreasinya dalam menciptakan menu enak, bergizi, dan murah karena didapat dari daerah sekitar, seperti membuat kreasi olahan ikan, antara lain ikan lele dan gurami. Ikan lele tersebut diolah antara lain menjadi nugget, lumpia ikan, ekado, dan bola ikan, dan lainnya.

Demikian juga dengan kreasi olahan dari sayur dan buah yang menjadi komoditas andalan Magetan.

Ia menyebut sejumlah indikator kriteria penilaian yang diambil dari peserta dalam lomba tersebut, meliputi persentase bahan lokal yang digunakan, kecukupan gizi untuk ibu hamil, dan kecukupan gizi untuk satu keluarga inti.

Pemenang dari lomba cipta menu di tingkat Magetan akan dikirim ke kegiatan serupa tingkat Provinsi Jatim, sekitar Oktober tahun ini.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023