Pemerintah Kota Surabaya membuka kuota bagi 1.000 warga untuk mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di Balai Kota setempat yang dilaksanakan pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya Maria Theresia Ekawati mengatakan pendaftaran bagi masyarakat umum sebagai peserta upacara HUT ke-78 Republik Indonesia dibuka saat tujuh hari sebelum pelaksanaan.

"Kami buka kuota peserta upacara bagi warga 1.000 orang, link pendaftaran disiapkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika. Pembukaan pendaftaran dilakukan satu minggu sebelum 17 Agustus," ucap Maria kepada ANTARA melalui sambungan telepon, Senin pagi.

Maria juga menyebut kuota peserta upacara yang disediakan pemerintah kota bagi warga Kota Surabaya tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan pelaksanaan serupa pada 2022.

"Upacara tahun lalu sekitar 300 peserta, tahun ini lebih banyak dan untuk syaratnya warga Kota Surabaya saja," kata dia.

Nantinya, upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia juga akan diikuti tamu-tamu undangan dari berbagai pihak, seperti konsulat negara asing, perguruan tinggi, perwakilan organisasi, dan para veteran.

"Kalau dari pelajar mereka merupakan peserta upacara dari tingkat SMP dan pramuka, jumlahnya satu peleton 30 orang saja. Kalau pelajar kami serahkan ke Dinas Pendidikan siapa saja yang dipilih," ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya M Fikser menyatakan tautan dan teknis pendaftaran peserta upacara bagi masyarakat umum masih dalam proses pengerjaan.

Dinas Komunikasi dan Informatika juga akan mengumumkan tautan pendaftaran di akun Instagram Bangga Surabaya.

"Setelah mendaftar kami lakukan konfirmasi kembali untuk kirim undangan yang ada barcode-nya melalui email atau lainnya, karena kami juga mengatur soal batas kursi agar peserta dapat tempat duduk.

Fikser menambahkan pembukaan pendaftaran ini merupakan instruksi langsung Wali Kota Eri Cahyadi yang menginginkan masyarakat terlibat langsung dalam perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus memperkuat semangat nasionalisme.

Oleh karenanya diharapkan kuota yang dibuka oleh pemerintah kota setempat bisa terpenuhi secara maksimal.

"Warga Kota Surabaya tamu kehormatan bagi kami, makanya Pak Wali Kota memberikan tempat khusus agar mereka bisa menikmati khidmatnya prosesi yang sakral," ucap dia.
 

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023