PT Pertamina Patra Niaga menggelar kompetisi memasak "Bright Gas Cooking Competition 2023" (BGCC) bertema "Masakan Rumahan Andalan Keluarga" untuk memperkenalkan hidangan khas dari Kota Surabaya di area Tugu Pahlawan, Minggu.

"Kami ingin membuat masyarakat ini tertarik mengembangkan kuliner daerah dan mereka punya wadah untuk berkreasi," ujar Event and Brand Manager PT Pertamina Patra Niaga Erwin Budianto saat memberikan keterangan kepada wartawan di sela acara.

Soal hidangan berbahan dasar yang digunakan pada kompetisi di Surabaya, Erwin menyebut hal itu dikarenakan makanan dari olahan daging bebek merupakan salah satu kuliner khas dari "Kota Pahlawan".

Pihaknya juga akan menghadirkan bahan olahan khas pada kompetisi serupa di daerah lainnya.

"Makassar terkenal dengan seafood-nya. Begitu juga dengan Medan ada yang khas di sana. Jadi kami ingin memperlihatkan bahwa setiap daerah punya keunikannya masing-masing," ucapnya.

Erwin mengatakan kompetisi memasak "Bright Gas Cooking Competition 2023" di Kota Surabaya mampu menghadirkan antusiasme besar peserta, sebab mereka tidak hanya datang dari kota setempat namun juga ada yang berasal dari daerah lain.

"Peserta dari seluruh Indonesia sampai saat ini ada sekitar 500 peserta, Alhamdulillah per hari ini di Surabaya ada 240 dari total 500 peserta se Indonesia. Ada juga peserta yang datang dari Klaten, jadi di luar Jawa Timur untuk ikut berkompetisi di sini," katanya.

Sebelum berkompetisi, para peserta terlebih dahulu mengikuti audisi, dengan cara mengirimkan foto hidangan dan selanjutnya dilakukan skrining atau penilaian oleh dewan juri.

Setelah dinyatakan lolos, mereka baru akan memasak langsung dalam ajang yang digelar di area Tugu Pahlawan Surabaya.

"Juri ada Chef Marisca Tracy dan satu perwakilan dari Senior Chef Partajasa yang satu diambil dari perwakilan Pertamina dari beberapa daerah," tutur dia.

Even memasak oleh Pertamina itu digelar sejak tanggal 10 Juli hingga 9 September 2023. Selain Surabaya, ajang memasak itu juga akan digelar di beberapa kota lain, yakni Medan dan Makassar, sedangkan babak final dilaksanakan di Jakarta.

PT Pertamina Patra Niaga sudah mendapatkan tiga pemenang pada perlombaan di Surabaya, yakni Annis Indriastutie dengan hidangan "Garang Asem Bebek", Mei Mei Tanujaya dengan hidangan "Semur Bebek Cabai Hijau", dan Adita Veranica dengan hidangan "Bebek Kuah Kare".

"Kami juga kemarin tes even di Kebumen Expo dan antusiasnya baik. Jadi total 10 peserta yang ada di Jakarta saat final," ucapnya.

Salah seorang juri Marisca Tracy mengatakan hidangan para peserta memiliki keunikan masing-masing, mereka mampu menyajikan makan dari olahan daging bebek dengan kreatif.

"Ini menunjukkan masakan rumahan keluarga Indonesia dari para peserta memiliki banyak cerita, kaya rasa, tergantung pada kreativitas si juru masak," ucap dia.

Sementara PT Pertamina Patra Niaga juga menyosialisasikan terkait aspek keamanan yang dimiliki produk "Bright Gas", melalui ajang memasak itu 

Area Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi menyatakan "Bright Gas Cooking Competition 2023" sebagai upaya memberikan ruang berkreasi bagi masyarakat yang hobi memasak.

"Bright Gas kami kenalkan sebagai LPG non subsidi berkualitas dengan teknologi Double Spindle Valve System (DSVS) atau katup pengaman ganda untuk keamanan ekstra," ucapnya.

Selain DSVS, "Bright Gas" juga dilengkapi seal cap dan scan QR code untuk memastikan keaslian produk gas tersebut.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023