Kehadiran Presiden Joko Widodo menjadi "magnet" atau daya tarik tersendiri bagi peserta yang mayoritas ibu-ibu/emak-emak dalam pagelaran Pasar Rakyat di Lapangan Rampal, Kota Malang, Jatim, Senin.

Jokowi yang tiba di Lapangan Rampal sekitar pukul 14.00 WIB  meninjau Pasar Rakyat, langsung mendapat sambutan meriah melalui sorakan panggilan namanya oleh para emak-emak yang telah berkumpul sejak pagi.

"Saya datang sejak pagi jam 08.00 WIB, mas, hanya ingin berfoto dengan Pak Jokowi. Namun, saya kecewa sebab sekarang sudah diminta pergi, karena bergantian menerima sembako," kata Ibu Elining, warga Kawasan Mergosono, Malang.

Ibu Elining tidak datang sendiri di Rampal, melainkan bersama empat rekannya yang juga berniat sama, yakni melihat sosok Presiden Jokowi dari dekat.

Baca juga: Jokowi bersama Prabowo bagikan BLT di Malang

Meski kecewa tidak bisa mendekat dan berfoto bersama Presiden Jokowi, namun Elining tetap mendoakan supaya orang nomer satu di Indonesia itu sehat-sehat selalu.

"Saya kecewa tidak bisa mendekat dan berfoto, tapi mudah-mudahan Pak Jokowi dan keluarganya sehat-sehat selalu," ujar ibu berjilbab tersebut.
 
Peserta yang mayoritas ibu-ibu/emak-emak saat mengantre dalam pagelaran Pasar Rakyat yang digelar di Lapangan Rampal, Kota Malang, Jatim, Senin (24/7) (ANTARA/Abdul Malik Ibrahim)


Lain halnya dengan Ibu Rini, asal Kecamatan Blimbing, Kota Malang yang sempat menangis karena histeris melihat kedatangan Presiden Jokowi.

Rini mengaku bahagia bisa melihat sosok Presiden Jokowi di depannya, sebab selama ini hanya bisa melihat melalui layar televisi dan pemberitaan sejumlah media.

Ia berharap, kegiatan Pasar Rakyat di Malang juga bisa digelar di beberapa daerah, agar masyarakat dimudahkan mencari bahan pokok.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut pemindahan PT Pindad dilakukan bertahap

Presiden RI Jokowi dalam kesempatan itu telah memerintahkan pemerintah daerah untuk menggelar Pasar Rakyat serupa di beberapa wilayah.

Jokowi menjelaskan, pasar rakyat digelar sebagai antisipasi ekonomi akibat perubahan iklim ekstrem El Nino, dengan menjaga ketersediaan pangan sesegera mungkin.

"Saya telah memerintahkan pada BUMN, gubernur, bupati, wali kota untuk memperbanyak pasar murah," kata Jokowi, saat meninjau dan menyapa warga di Pasar Rakyat.

Sementara dalam Pasar Rakyat yang digelar di Lapangan Rampal, sedikitnya ada 3.000 lebih paket sembako yang dibagikan langsung Jokowi bersama Menteri BUMN, Erick Thohir, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.(*)
 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023