Grup paduan suara asal Jawa Timur Gita Bumi Shine Harmony Choir menjadi juara pertama pada "World Choir Games 2023" di Gangneung, Korea Selatan (Korsel).
 
"Dalam kejuaraan di Korsel, mereka berkolaborasi dengan grup Gita Bumi Voice dengan nama grup baru, Gita Bumi Shine Harmony Choir. Alhamdulillah berhasil menyabet predikat terbaik di posisi pertama meraih medali emas untuk Pop Choir Category 2023," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Hudiyono, dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Minggu.
 
Pria yang akrab disapa Cak Hud ini juga mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi grup yang terdiri dari remaja putra dan putri asal Surabaya serta Sidoarjo tersebut.
 
"Saya mewakili Ibu Gubernur dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat mengapresiasi prestasi yang telah dicapai Gita Bumi Shine Harmony Choir. Ini prestasi luar biasa dari para remaja Jawa Timur yang berhasil membawa harum nama Bangsa Indonesia di kancah dunia," ujarnya. 
 
Sebelum tampil memukau di Korsel, menurut Cak Hud, para personel tersebut pernah dibina oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur.
 
Bahkan, lanjutnya, grup yang bermarkas di Sidoarjo tersebut juga pernah tampil dan unjuk kemampuan tarik suara saat peringatan Hari Besar di Gedung Negara Grahadi. 
 
Dalam ajang World Choir Games 2023 di Korsel total mendapat dua penghargaan, pertama sebagai juara di Pop Choir Category dengan skor 94,75 dan kedua sebagai First Runner Up di Jazz Category dengan skor 89,97. 
 
"Dengan prestasi internasional atas kolaborasi yang luar biasa ini, saya turut bangga. Semoga bisa menginspirasi banyak kelompok paduan suara lain di Jawa Timur untuk lebih berprestasi," ucapnya. 
 
Sementara itu, Conductor Gita Bumi Shine Harmony Choir Tedy Eka Supriyandi menjelaskan bahwa World Choir Games merupakan kompetisi paduan suara terbesar di dunia yang diselenggarakan oleh Intelkultur Foundation.
 
Ikonik motonya, ‘Singing together brings nations together’ yang digambarkan dalam gelaran kompetisi dua tahunan.
 
“Mereka yang tidak memandang negara asal, ras, maupun genre musik yang dibawakan para pesertanya,” katanya. 
 
Sementara, Deputi Vocal Coach Bayu Azhairudin Widjaja menambahkan kalau persiapan Gita Bumi Shine Voices World Choir Games 2023 di Gangneung Korea Selatan ini sudah dilakukan sejak lama. 
 
Setidaknya delapan bulan bagi Gita Bumi Shine Voices untuk mempersiapkan segala hal, mulai dari audisi pada September 2022, latihan, praktik, konser pra-kompetisi, hingga akhirnya terbang ke Korea Selatan pada Jumat, 7 Juli 2023. 
 
“Saya mengucapkan terima kasih, untuk semuanya  yang mensupport konser kali ini. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih banyak. Harapan kedepannya mohon doanya untuk keberhasilan kami di kompetisi-kompetisi berikutnya. Semoga bisa meraih juara satu dan Indonesia Raya berkumandang di beberapa negara,” ujarnya. 
 
Perlu diketahui, kompetisi World Choir Games 2023 telah dilaksanakan pada 11-13 Juli 2023. Gita Bumi Shine Harmony Choir berhasil menyisihkan paduan suara dari  Swedia, Slovakia, Belanda, USA, China, Afrika Selatan, Korea Selatan, Kosovo dan Thailand yang menjadi pesaing.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023