Ratusan mahasiswa Universitas Brawijaya Malang turun untuk implementasi program "Mahasiswa Membangun Desa" ke sejumlah wilayah di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Forkopimda setempat menerima kedatangan mahasiswa Universitas Brawijaya Malang di Pendapa Arya Wiraraja Lumajang, Selasa.

"Saya mengapresiasi Program Membangun Desa yang dilaksanakan Universitas Brawijaya karena program tersebut diharapkan mampu meningkatkan dan memperkenalkan potensi setiap daerah di Kabupaten Lumajang," kata bupati yang akrab disapa Cak Thoriq itu.

Menurutnya program itu luar biasa karena di Lumajang banyak wisata dan juga bisa menikmati kuliner hasil pertanian dan peternakan, seperti di Senduro ini ada peternakan sapi dan kambing.

"Mahasiswa yang turun ke sejumlah desa bisa mengaktualisasikan ide pikiran untuk membangun kehidupan masyarakat di sana," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati berharap program "Mahasiswa Membangun Desa" juga turut membantu mempromosikan potensi yang ada di Kabupaten Lumajang.

"Hal itu PR dan tugas mahasiswa yang sudah melek teknologi, bermain medsos, bagaimana cara membranding wisata, mengenalkan potensi di Kabupaten Lumajang," katanya.

Selain potensi wisata alam, Kabupaten Lumajang merupakan penghasil Albasia, bahkan sebagai salah satu yang terbesar di Pulau Jawa.

Oleh karena itu, ia juga berharap kepada para mahasiswa dengan sungguh-sungguh melaksanakan program "Mahasiswa Membangun Desa", sehingga dampaknya juga dirasakan langsung masyarakat setempat.

Sementara Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Brawijaya Prof. Unti Ludigdo mengatakan bahwa kegiatan program itu merupakan upaya perguruan tinggi dalam mendekatkan diri kepada seluruh lapisan masyarakat dengan memberikan kontribusi nyata pembangunan desa.

Total ada 14 ribu mahasiswa di seluruh wilayah Jawa Timur dengan 500 dosen pembimbing, sehingga diharapkan program tersebut membawa dampak positif bagi masyarakat desa.

"Kami berharap mereka bersinergi dengan desa untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas bisnis di masing-masing unit kerja yaitu BUMDes, sehingga adik-adik mahasiswa itu membawa dampak yang baik," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023