Sebanyak 41 siswa terpilih mewakili Provinsi Jawa Timur dalam kegiatan Jumpa Bhakti Gembira Palang Merah Remaja (Jumbara PMR) IX Tingkat Nasional yang akan berlangsung pada 2-10 Juli 2023 di Taman Agro Wisata Way Handak, Kabupaten Lampung.

“Mereka terpilih melalui proses seleksi ketat dan berhak mewakili Jatim di tingkat Nasional,” ujar Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur Imam Utomo di sela pelepasan kontingen di Surabaya, Jumat sore.

Dari 41 peserta, rinciannya sebanyak 14 anggota PMR tingkat Mula (setara SD), kemudian 13 anggota PMR tingkat Madya (setara SMP) dan 14 anggota PMR tingkat Wira (setara SMA).

Imam Utomo yang juga mantan Gubernur Jatim tersebut berharap para peserta bisa maksimal selama mengikuti kegiatan dan bertemu dengan rekan-rekannya sesama anggota PMR se-Tanah Air.

Para peserta, kata dia, juga diharapkan memberikan yang terbaik bagi Jatim saat mengikuti kompetisi-kompetisi di sela kegiatan Jumbara PMR.

“Terakhir lima tahun lalu Jatim berhasil di peringkat atas (tiga besar). Tahun ini harus lebih bagus lagi, minimal mempertahankan hasil Jumbara lalu di Gorontalo,” ucap Imam Utomo.

Selama mengikuti Jumbara PMR, lanjut dia, para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan seperti seni budaya, berbagai macam keterampilan hingga materi-materi tentang kepalangmerahan.

“Di sana peserta beraktivitas di alam terbuka, tidur di tenda atau barak, dan bertemu dengan seluruh PMR pilihan se-Indonesia. Semoga membawa hasil terbaik dan membawa harum nama Jatim,” tutur dia.

Tim dari Jatim yang didampingi 12 instruktur berangkat Jumat malam ini menggunakan kereta api, kemudian dilanjutkan perjalanan darat menggunakan bus, serta melintas ke Lampung melalui penyeberangan Merak-Bakauheni.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023