Bupati Magetan Suprawoto mengapresiasi Festival Embung Sariagung sebagai kegiatan ekonomi kreatif yang dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga kabupaten setempat.

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah menginisiasi acara ini. Kegiatan seperti ini bermanfaat dan pasti meningkatkan perekonomian masyarakat Magetan," ujar Bupati Suprawoto dalam keterangannya yang diterima di Magetan, Minggu.

Kegiatan yang digelar kerja sama Pemdes dengan Bumdes Ringinagung tersebut digelar dua hari, yakni Sabtu dan Minggu tanggal 10-11 Juni 2023 di Desa Ringinagung, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan.

Menurut bupati, Festival Embung Sariagung berhasil menggali fungsi lain dari keberadaan embung di Desa Ringinagung setelah dibangun pemkab setempat. Embung tersebut sangat bermanfaat untuk menanggulangi banjir saat musim hujan dan sebagai penampung air waktu musim kemarau.

"Saya juga berpesan agar pohon asam dan beringin yang sudah ditanam dirawat, sehingga 5 tahun mendatang pasti lingkunganya bagus. Karena bagus, embung ini juga bisa untuk fungsi rekreasi dan sosialisasi gemarikan karena banyak ikan yang bisa dipancing dan dimakan untuk kesehatan," katanya.

Ketua Panitia Festival Embung Sariagung Edwin Widianto mengatakan, festival tersebut bertujuan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar termasuk juga pelaku UMKM.

"Festival ini diadakan di sekitar embung jadi langsung berhubungan dengan alam agar lebih diminati masyarakat. Adapun kegiatan dalam festival ini yaitu pameran produk UMKM, pameran batu akik dan permata, mancing gratis di embung, dan penaburan ikan nila sebanyak 1 kwintal serta hiburan musik," kata Edwin.

Hal yang sama ditegaskan Kepala Desa Ringinagung Yully Bagus Trisnawan. Festival Embung Sariagung bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Kami sampaikan selamat datang dan terima kasih pada komunitas, seluruh pihak yang bergabung sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dan sukses," kata Yully.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Suprawoto berkenan meninjau masing-masing stan pameran dan penjualan. Bupati juga ikut memancing bersama warga di embung setempat.

Untuk pameran batu akik diikuti sejumlah komunitas dari luar Magetan, seperti Madiun, Blitar, Kediri, Surabaya, dan lainnya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023