Pemerintah Kota Madiun memenangkan penghargaan di bidang kepegawaian dalam BKN Award tahun 2023 untuk tiga kategori sekaligus sebagai bukti baiknya manajemen birokrasi di lingkungan pemda setempat.

Ketiga kategori tersebut adalah kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian; Kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT; serta Kategori Pengembangan Kompetensi. 

Wali Kota Madiun Maidi menyatakan raihan penghargaan dalam BKN Award 2023 tersebut meningkat dibandingkan dengan penghargaan serupa sebelumnya, yang hanya mendapatkan satu kategori dalam BKN Award tahun 2022.  

"Raihan ini sekaligus menjadi bukti baiknya manajemen birokrasi di Pemerintah Kota Madiun," ujar Wali Kota Maidi seusai menerima penghargaan dari Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana di Surabaya, Kamis (8/6).

Untuk Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian serta Kategori Pengembangan Kompetensi, Kota Madiun meraih peringkat ke-IV pemerintah kota tipe sedang.

Sementara untuk Kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT, Kota Madiun berhasil meraih peringkat kedua pemerintah kota tipe sedang. 

Wali Kota Maidi mengatakan pihaknya memberikan perhatian tersendiri dalam hal manajemen birokrasi dan ASN. Sebab, hal itu berdampak pada pelayanan kepada masyarakat.
 
Wali Kota Madiun Maidi menerima penghargaan dari Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam ajang BKN Award tahun 2023 di Bumi Surabaya City Resort, Kamis (8/6/2023). Dalam BKN Award 2023, Kota Madiun berhasil meraih penghargaan tiga kategori sekaligus sebagai bukti baiknya manajemen birokrasi di lingkungan pemda setempat. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

Ia menilai, pelayanan masyarakat yang baik, memang harus dimulai dari internal birokrasi yang juga baik. Karenanya, ia bertekad mewujudkan pemerintahan yang baik terlebih dahulu. 

Komitmen itu juga tertuang dalam visi Wali Kota Madiun. Yakni, terwujudnya pemerintahan yang bersih berwibawa menuju masyarakat sejahtera. Wali kota berharap tata pemerintah yang baik tersebut menjadi semangat untuk terus berbenah ke depannya. 

"Kalau ingin masyarakat baik, pemerintahnya harus baik dulu. Pemerintah harus memberikan contoh. Karenanya, kita terus berupaya berbenah dan mewujudkan itu. Pemerintahan yang baik, pelayanan kepada masyarakat juga akan baik," katanya.

Maidi juga mengapresiasi kinerja ASN hingga berhasil meraih tiga kategori sekaligus di tahun ini. Ia meminta jajarannya agar kinerja baik tersebut, bisa terus ditingkatkan. Harapannya, pelayanan kepada masyarakat juga semakin meningkat. 

"Jangan cepat berpuas dulu. Masih banyak yang perlu ditingkatkan. Kalau bisa, Kota Madiun bisa meraih penghargaan di lima kategori sekaligus," katanya.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023