Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengingatkan jamaah calon haji khususnya asal Kota Batu, Jawa Timur, untuk menjaga kesehatan saat melaksanakan ibadah di Tanah Suci.

Aries Agung di Kota Batu, Rabu, mengatakan bahwa sebanyak 204 calon haji yang akan melaksanakan ibadah tersebut, diharapkan bisa saling menolong dan memberikan perhatian lebih khususnya kepada jamaah lanjut usia pada saat berada di Tanah Suci.

"Salah satu hal penting dalam melaksanakan ibadah haji adalah kesehatan. Jaga pola makan dengan baik. Untuk jamaah yang muda, bisa saling membantu untuk menjaga jamaah yang sudah lanjut usia," kata Aries.

Ia menambahkan jamaah calon haji asal Kota Batu berjumlah 204 orang, yang terdiri dari 94 jamaah laki-laki dan 110 jamaah perempuan. Jamaah tersebut didampingi lima orang petugas kloter.

"Sedangkan, untuk kuota tambahan berjumlah empat orang jamaah. Jamaah haji tertua berusia 91 tahun dan jamaah termuda berusia 26 tahun," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Batu, Machsun Zain, mengatakan, jamaah haji asal Kota Batu akan berangkat menuju embarkasi Surabaya, Asrama Haji Sukolilo, pada 12 Juni 2023 dan baru terbang menuju ke tanah suci pada 13 Juni 2023 pukul 01.00 WIB.

"Jamaah calon haji Kota Batu termasuk dalam kloter 51 yang akan berangkat melalui Bandara Juanda, dan diperkirakan tiba di Jeddah pada 13 Juni 2023 pukul 08.45 pagi (waktu Jeddah)," ucap pria yang juga menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur tersebut.

Sebelumnya, seluruh jamaah calon haji asal Kota Batu tersebut telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehataan, yang meliputi cek darah, urine dan dahak.

Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan radiologi, elektrokardiogram (EKG) dan pemeriksaan kondisi fisik.

Para jamaah tersebut,dijadwalkan akan kembali ke Indonesia pada 22 Juli 2023 dan berada di Tanah Air pada 23 Juli 2023.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023