Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti mendorong seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur untuk meningkatkan transaksi melalui katalog elektronik atau "e-purchasing" sebagai wujud bangga penggunaan produk dalam negeri dan mempercepat penyerapan anggaran.

"Kepada semua OPD diharapkan untuk bisa meningkatkan transaksi melalui e-purchasing minimal 30 persen transaksi. Bisa melalui katalog elektronik lokal, regional, maupun nasional, atau juga bisa melalui toko daring Jatim Bejo," ujar Wabup Nanik di Magetan, Selasa.

Sesuai data, saat ini di Kabupaten Magetan sudah ada 30 etalase katalog elektronik lokal, selain toko daring "Jawa Timur Belanja Online" (Jatim Bejo).

Pihaknya berharap pemerintah dan pelaku UMKM terus bersinergi untuk terus mendongkrak transaksi melalui e-purchasing tersebut.

Para pelaku UMKM, lanjutnya, juga harus terus melakukan peningkatan pada produknya. Sebab ke depan produk UMKM akan banyak digunakan, termasuk juga oleh pasar pemerintahan baik daerah maupun pusat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan juga memiliki beberapa program untuk peningkatan kualitas produk UMKM. Seperti pelaksanaan pelatihan, pemberian bantuan, dan juga pendampingan.

Seperti diketahui, e-purchasing adalah tata cara pembelian barang/jasa melalui sistem katalog elektronik. E-purchasing itu dilaksanakan melalui aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) yang dikembangkan dan dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Melalui e-purchasing diharapkan bisa meningkatkan dan menciptakan kecintaan penggunaan produk dalam negeri sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023