Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mendorong bangkitnya olahraga bola basket di kota ini sehingga proses regenerasi pemain berjalan.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Sabtu. mengemukakan perlunya adanya wadah untuk pembinaan bagi anak-anak yang menyukai olahraga bola basket. Selain itu, kegiatan turnamen juga perlu dilakukan.

"Senang sekali bisa hadir di sini dan mengadakan turnamen basket Wali Kota Cup. Selamat bertanding untuk para peserta. Insya Allah kita akan adakan Wali Kota Cup ini dua kali setahun," katanya.

Abdullah Abu Bakar dalam kejuaraan Wali Kota Cup Basketball Tournament 2023 yang digelar di GOR Surya Universitas Kadiri ini mengatakan sangat mendukung adanya regenerasi bagi para atlet bola basket. Ia memberikan apresiasi adanya turnamen ini, sebab bisa mewadahi potensi dari anak-anak akan olahraga ini.

Dirinya berharap, dari pertandingan ini dapat dilihat bibit-bibit unggul di Kota Kediri. Nantinya mereka diharapkan dapat kembali membangkitkan kejayaan bola basket kota ini.

"SD SMP ini masih tanggung jawab Pemerintah Kota Kediri. Jadi saya minta KONI lebih cermat melihat bibit unggul. Hal ini bisa dilihat apabila mereka dipertandingkan. Tim basket putri Indonesia juga baru meraih medali emas di SEA Games," kata dia menambahkan.

Wali Kota juga menegaskan bahwa turnamen ini mengajarkan sportivitas dan daya juang pada anak-anak. Pertandingan seperti yang digelar tersebut sekaligus juga dapat membentuk mental dari anak-anak.

Selain itu, para pelatih pun bisa bisa memberikan edukasi lagi, menanamkan cara bertarung yang hebat sehingga kemampuan mereka lebih terasah lagi.

"Anak-anak ini boleh menang atau kalah tapi dengan cara terhormat. Tidak boleh ada kecurangan yang terjadi. Anak-anak ini harus giat berlatih dan juga belajar," kata dia.

Wali Kota Cup Basketball Tournament 2023 sendiri digelar di Universitas Kadiri, 26-30 Mei. Terdapat 29 pertandingan yang akan terselenggara dan peserta yang mengikuti adalah tim basket dari SD se-Kota Kediri.

Selain itu, turnamen ini menyambut Hari Jadi ke-1114 Kota Kediri.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023