Gojek layanan on-demand dari Grup GoTo telah membantu lebih dari 450 ribu mitra pengemudi per bulannya melalui program sosial yang diinisiasi sejak tahun 2016.
 
District Head Gojek Surabaya Joshua Jimmy, di Surabaya, Jumat, mengatakan program eksklusif Gojek Swadaya tersebut untuk meringankan beban operasional mitra pengemudi dan keluarganya.
 
"Per bulannya dapat membantu menghemat biaya operasional mereka hingga 15 persen sebagai mitra driver," ucapnya.
 
Selain itu, hal tersebut sejalan dengan tiga strategi Gojek di 2023 untuk terus menjadi layanan andalan dan Gojek Swadaya merupakan bagian integral dari strategi jangka panjang untuk mendukung mitra driver.
 
"Bersama Gojek Swadaya, mitra pengemudi mendapatkan banyak manfaat bagi dirinya dan keluarga," katanya.
 
Joshua menjelaskan segala bantuan tersebut merupakan kebutuhan para mitra, seperti pulsa yang merupakan kebutuhan fundamental sebagai pengemudi, dengan total kuota yang dibeli mitra pengemudi melalui Paket Pulsa Swadaya mencapai 7,41 juta GB tiap bulannya.
 
"Ada juga, voucher diskon perawatan kendaraan dan paling banyak yang digunakan mitra driver adalah oli, dengan total oli yang digunakan sebanyak 37,3 ribu liter," ujarnya.
 
Selain itu, lanjutnya, terdapat berbagai jenis sembako yang didukung oleh Gojek Swadaya, mulai dari beras, minyak, hingga paket makanan terjangkau.
 
"Lebih dari 240.000 mitra driver dan keluarga mempunyai akses untuk hidup yang lebih baik melalui program tabungan dan asuransi termasuk BPJS, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) terjangkau, beasiswa anak mitra, serta jaminan kecelakaan kerja dan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan," ujar Joshua.
 
Memasuki tahun ketujuh, menurut dia, pelaksanaan program tersebut terus berinovasi dan disempurnakan.
 
"Caranya, dengan menyesuaikan kebutuhan mitra yang ada di setiap daerah," tuturnya.
 
Oleh karena itu, pihaknya berharap agar para mitra pengemudi memanfaatkan program Gojek Swadaya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mitra. 
 
"Harapannya para mitra dapat memanfaatkan program ini dan juga beragam potongan harga yang kami berikan, guna meringankan beban operasional mereka sehari -hari," ucap Joashua.
 
Menurut dia, sebagaimana tercermin dari Riset LPEM FEB UI yang menunjukkan kehadiran Grup GoTo mampu menciptakan kesempatan kerja, menekan angka kemiskinan dan menurunkan kesenjangan pendapatan di masing-masing wilayah operasional. 
 
“Faktor kesuksesan program Gojek Swadaya karena program ini sangat mudah dijangkau, cukup melalui fitur di aplikasi mitra driver Gojek yakni GoPartner. Agar tepat sasaran, setiap program melibatkan diskusi dua arah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mitra driver di masing-masing daerah, melalui kanal komunikasi seperti Kopdar (kopi darat)," tuturnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023