Area Manager Surabaya Bank Danamon Indonesia Dian Ari Prabowo mengatakan pertumbuhan ekonomi Jatim dapat memicu permintaan pembelian kendaraan saat gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di Surabaya.

"Pada 2022, provinsi Jawa Timur mencatat total penjualan kendaraan sebanyak 999.385 unit, terbagi menjadi 851.413 mobil, 114.506 motor, 30.748 truk, dan 2.718 bus. Penyelenggaraan pameran otomotif seperti Indonesia IIMS 2023 Surabaya tentu ikut memacu permintaan terhadap kendaraan di daerah Jawa Timur," ujar Area Manager Surabaya Bank Danamon Indonesia, Dian Ari Prabowo, saat konferensi pers, di Surabaya, Selasa.

Selain itu, skala ekonomi di Jawa Timur termasuk terbesar kedua di Indonesia.

"Kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sangat signifikan dan berhasil mengantarkan Jawa Timur sebagai provinsi dengan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) tertinggi kedua di Indonesia, yakni Rp 2.730,9 triliun pada 2022, berdasarkan data BPS," katanya.

Tak hanya itu, Kota Surabaya juga merupakan pemain penting di ekosistem industri otomotif nasional, berdasarkan data, Jawa Timur memiliki 80 pelaku industri otomotif, di antaranya adalah 30 perusahaan bergerak di bidang karoseri dan 50 perusahaan di suku cadang.

"Jawa Timur dan Surabaya juga berperan penting dalam pertumbuhan bisnis Bank Danamon dengan 41 kantor cabang, terbanyak di luar Jakarta. Ada lebih dari 7.000 nasabah Enterprise Banking dan UKM di Jawa Timur, dan hampir 5.000 di antaranya berada di Surabaya," ucap Dian Ari.

Dari jumlah ini, lanjutnya, lebih dari 6.000 nasabah Enterprise Banking dan UKM merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif (manufaktur, dealership, bengkel, atau aftermarket).

“Secara umum, Kota Surabaya dan provinsi Jawa Timur merupakan pusat bisnis yang berkembang pesat dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Daerah ini juga merupakan pemain penting dalam ekosistem industri otomotif nasional serta pasar ekspor otomotif,” ujar Dian Ari.

Berdasarkan data tersebut, pihaknya bersama Adira Finance dan MUFG Bank Ltd sangat mendukung gelaran IIMS 2023 Surabaya untuk menunjukkan komitmennya dalam memajukan industri otomotif nasional.

“Dukungan ini membuktikan komitmen kami untuk mendukung kemajuan industri otomotif dengan melayani seluruh bagian dari mata rantai dari industri otomotif di Indonesia, termasuk Jawa Timur, baik dari hulu hingga ke hilir, dari produsen sampai ke tahap konsumer akhir,” ujarnya.(*)

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023