Produk stair lift (kursi tangga) asal Taiwan Lobsang Stairlift resmi melakukan peluncuran di Kota Surabaya, untuk membantu mengatasi fenomena yang muncul di kalangan orang tua di Indonesia.

"Orang tua di Indonesia kebanyakan ruang lingkupnya hanya di lantai satu. Mereka tidak naik ke lantai dua. Ada berbagai alasan. Kaki sakit atau napas tidak kuat. Oleh karena itu, Lobsang hadir di Indonesia untuk mengatasi masalah-masalah ini," kata CEO Lobsang Indonesia Randy Tjhin dalam keterangannya di Surabaya, Minggu.

Randy mengatakan, alat itu bukan sekadar alat bantu untuk naik turun tangga, namun investasi jangka panjang untuk kesehatan Anda. 

Alat tersebut didukung teknologi canggih untuk memastikan penggunanya aman dan nyaman. Alat ini dilengkapi seat belt yang dapat dikendalikan satu tangan, sehingga sangat praktis. 

Ketika perangkat dijalankan, terdapat suara instrumen sebagai tanda bahwa stair lift sedang digunakan. Selain itu juga ada ada lampu yang otomatis menyala saat perangkat ini dipakai.

"Alat bukan hanya untuk orang tua. Bisa juga dipakai untuk orang sakit, anak-anak hingga wanita hamil. Semuanya bisa. Orang-orang di luar negeri rata-rata sudah memakai karena mereka sayang dengan lututnya. Itulah kenapa Lobsang Stairlift bukan sekadar solusi kesehatan, melainkan juga investasi kesehatan," ujar Randy.

Selain itu, terdapat sensor di alat untuk memastikan perangkat ini aman. Jika ada barang yang menghalangi proses berjalannya alat ini di rail, maka stair lift akan otomatis berhenti. 

Perangkat kursi tangga ini juga mampu menampung berat hingga 125 kilogram. Alat ini juga sangat hemat listrik. Hanya 250 watt.

Kursi tangga ini juga memiliki baterai cadangan, sehingga bisa digunakan ketika mati lampu. Baterai ini akan otomatis mengisi ulang saat alat ini sedang tidak digunakan.

Cara menjalankannya juga bervariasi. Selain menggunakan tombol yang ada di pegangan, juga bisa dijalankan dengan remote kabel dan wireless.

"Perawatannya gampang. Lobsang Stairlift selama 21 tahun di Taiwan hingga saat ini tidak ada kejadian yang tidak diinginkan. Silahkan ditafsirkan sendiri seberapa canggih, aman, dan hebatnya alat ini," katanya.

Alat ini juga direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Dr. Valentinus Besin, dr., Sp.N, dokter spesialis saraf serta dosen di salah satu universitas di Surabaya ini.

Dia mengingatkan, tentang peningkatan risiko jatuh seiring dengan bertambah usia. Selain orang tua, ibu hamil dan orang berkebutuhan khusus juga punya risiko yang tidak kalah besar. Maka Lobsang Stairlift adalah jawaban atas masalah ini.

"Kalau bisa lansia jangan sering-sering naik-turun tangga. Kalau ada risiko jatuh, tempat tinggal harus dimodifikasi agar mengurangi risiko tersebut," ujar alumnus Universitas Airlangga itu. 

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023