Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, menerima pendaftaran sebanyak 45 orang bakal calon legislatif (caleg) Pemilu 2024 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"PDI Perjuangan ini merupakan partai pertama yang mendaftarkan bakal calon legislatif-nya ke KPU Pamekasan sejak penerimaan pengajuan bakal calon anggota DPRD dibuka pada 1 Mei 2023," kata Ketua KPU Pamekasan Mohammad Halili, di Pamekasan, Kamis.

Ketua DPC PDI Perjuangan Pamekasan Abd Syukur didampingi sekretaris partai itu menyerahkan langsung berkas semua bakal calon legislatif itu ke Ketua KPU Pamekasan.

Salah seorang di antara ke 45 bakal calon legislatif itu adalah cucu pendiri ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU) KH As’ad Syamsul Arifin, yakni Aisyatul As’adiyah atau dikenal Ning Diah.

"Dari 45 bakal caleg ini, sebanyak 13 orang merupakan perempuan, termasuk Ding Diyah," ucap Abd Syukur.

Ia menjelaskan, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Huda, Sumber Nangka, Desa Duko Timur, Kecamatan Larangan, Pamekasan itu bergabung dengan PDI Perjuangan sejak dua tahun lalu dan saat ini menjabat sebagai penasihat partai.

Syukur yakin dengan bergabung-nya cucu pendiri NU itu partai-nya bisa meraih dukungan signifikan pada Pemilu 2024.

Sementara itu, di Kabupaten Pamekasan ada 16 partai politik yang akan bersaing memperebutkan dukungan masyarakat pada Pemilu 2024.

Sejumlah 16 partai itu masing-masing PKB, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, PPP, Partai Nasdem, Partai Gelora, PKS, Partai Hanura, Partai Garuda, PAN, PBB, Partai Demokrat, PSI, Partai Perindo, dan Partai Ummat.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023