Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur Sarmuji mengatakan tengah melakukan pengecekan sekaligus verifikasi tahap akhir kepada para bakal calon legislatif (bacaleg), sebagai persiapan menghadapi pemilihan legislatif (pileg) pada tahun 2024.

"DPD Golkar Kabupaten/Kota kami minta mengirimkan data bacaleg pada hari ini ke provinsi. Kemudian kami melakukan evaluasi apakah data yang kamu terima sesuai dengan target dan capaian-capaian yang diinginkan," kata Sarmuji melalui keterangan tertulis, Minggu.

Sarmuji menyebut berkas para bacaleg akan dikirimkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur maupun KPU tingkat kabupaten dan kota, agar segera dilakukan penetapan sebagai caleg.

Dia tak menampik persiapan partainya sedikit mengalami kendala, lantaran proses judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK) tentang sistem pemilu.

Kendati demikian, hal itu sudah diantisipasi dengan ketersediaan daftar bacaleg yang melimpah.

"Stok bacaleg kami yang disiapkan cukup banyak, kalaupun ada satu atau dua bacaleg yang ragu dengan sistem pemilu yang nanti diputuskan oleh MK, bisa digantikan oleh bacaleg lain yang ada di stok," ujarnya.

Terkait aturan KPU soal kewajiban satu dari tiga caleg yang ditetapkan merupakan wanita, hal itu siap dipenuhi oleh Golkar.

Dia tak merasa khawatir akan regulasi di Pemilu 2024, pasalnya Golkar memiliki stok caleg wanita yang mencukupi.

"Kami tak mengalami masalah adanya ketentuan caleg wanita yang wajib dipenuhi dalam pemilu 2024 nanti. Kami juga punya stok bacaleg wanita," ujarnya.

Sementara, Partai Golkar Jawa Timur juga menggelar agenda pembekalan bagi para bacaleg yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi Hery Sugihono, Wakil Ketua Bidang Kaderisasi Kodrat Sunyoto, Bendahara Blegur Prijanggono, Wakil Sekretatis Syaifullah Ma'sum.

Kemudian, acara tersebut dilanjutkan rapat tertutup bersama 38 ketua DPD kabupaten/kota yang dipimpin langsung oleh Sarmuji.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023