PT PAL Indonesia melepas peserta mudik bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan slogan “Mudik Dinanti Mudik di Hati”.
 
“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap seluruh karyawan atas dedikasi yang diberikan selama ini. Dalam agenda mudik bersama ini, menjadi salah satu ajang keterlibatan insan PAL dalam agenda-agenda korporasi. Ke depan diharapkan PAL dapat melibatkan masyarakat yang lebih luas dalam menjalankan aksi korporasi khususnya di bidang TJSL," ujar Tjipto Santoso selaku ketua TJSL PT PAL Indonesia, dalam keterangannya, di Surabaya, Selasa.
 
Menurut dia, total peserta mudik gratis BUMN 2023 yang masuk dalam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) tersebut berjumlah 67.223 orang. 
 
"PT PAL turut serta berpartisipasi dengan memberangkatkan puluhan karyawan menggunakan moda transportasi bus dengan rute perjalanan sepanjang Pulau Jawa," katanya.
 
Sementara itu, General Manager Divisi HCM Nurnaningsih menambahkan, bahwa program tersebut efektif membantu memudahkan dan meringankan beban karyawan untuk kembali bertemu keluarga besar di kampung halamannya pada hari istimewa. 
 
“Ini merupakan agenda mudik bersama perdana setelah beberapa tahun terkendala oleh Pandemi COVID-19. Melalui pelaksanaan mudik bersama ini diharapkan seluruh peserta mudik dapat melalui perjalanan dengan baik dan selamat hingga kembali lagi ke Surabaya. Sekaligus, dengan pelaksanaan mudik bersama ini nantinya dapat meningkatkan produktifitas karyawan pasca libur lebaran," ujarnya.
 
Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyediakan 65 ribu lebih kuota mudik gratis dalam program "Mudik Gratis bersama BUMN" di bawah koordinasi PT Jasa Raharja untuk menekan angka kecelakaan pada momen mudik Idul Fitri 2023 atau 1444 Hijriah.
 
Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, mengatakan kuota mudik gratis itu bertambah dari program serupa sebelumnya di 2022 yang sebanyak 40 ribu.
 
"Ini akan kami siapkan seluruhnya dan lebih dari 60 BUMN nantinya bersama-sama berkolaborasi," kata Rivan.
 
Dia menyebutkan kuota mudik gratis sebanyak 65 ribu lebih itu rinciannya 46.523 penumpang dengan 1.009 bus, 15.658 penumpang dengan 30 rangkaian kereta api, serta 2.562 penumpang dengan tujuh kapal laut.
 
Penambahan kuota mudik gratis dari 40 ribu menjadi 65 ribu itu disesuaikan dengan prediksi jumlah pemudik di 2023 yang melonjak 123 juta orang dari 85 juta orang di 2022.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023