Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur, memberikan bantuan 42 gerobak untuk pedagang kaki lima (PKL) sebagai stimulan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan peningkatan perekonomian daerah.

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan puluhan gerobak tersebut diberikan kepada paguyuban PKL Alun-Alun Magetan yang biasa berjualan di tempat parkir sebelah timur alun-alun.

"Pemerintah Kabupaten Magetan akan terus meningkatkan kesejahteraan dan derajat para pedagang agar menjadi lebih baik. Saya berharap suatu hari nanti para PKL di sini dapat berjualan dengan konsep food court seperti di Pasar Baru," ujarnya saat menyerahkan gerobak di Magetan, Jatim, Senin.

Menurut dia, mendekati Lebaran 2023, pihaknya mengajak para PKL untuk menjadi garda terdepan dalam menyambut pengunjung dan wisatawan yang datang ke Magetan.

"Saya berpesan pada panjenengan semua untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan produk makanan serta minuman jualan, karena saudara-saudara kita dari luar kota akan berdatangan ke sini untuk bernostalgia dan berwisata. Saya minta timbulkan kesan yang bagus akan tertatanya PKL di timur alun-alun ini sehingga pengunjung nyaman," kata dia.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan Sucipto mengatakan bantuan gerobak tersebut untuk meningkatkan kualitas PKL di timur Alun-Alun Magetan.

"PKL ini lokasinya di tengah kota serta di lingkup perkantoran. Melalui bantuan ini, kami ingin meningkatkan kualitas para PKL dengan cara menyeragamkan gerobaknya agar lebih tertata dan indah," ucapnya.

Ia menegaskan bagi PKL yang sudah menerima gerobak baru tidak diperbolehkan menggunakan gerobak yang lama.

"Yang baru ini harus dipakai, karena bantuan dari pemerintah itu sudah kita desain sesuai dengan kebutuhan dagangan masing-masing PKL," tutur dia.

Selain gerobak, dalam kesempatan tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan juga memberikan bantuan kompor gas bagi PKL.

Diharapkan dengan bantuan tersebut, keberadaan PKL sebagai bagian dari UMKM di Magetan dapat bertahan dan mampu mendukung perekonomian daerah setempat, utamanya setelah pandemi.

Dalam penyerahan bantuan gerobak tersebut juga hadir Wakil Bupati Magetan, kepala OPD terkait, dan PKL penerima manfaat.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023